Breaking News

Inilah Urutan Film Star Wars Terlengkap!


IMedia9.net - Star Wars merupakan franchise epic yang telah memiliki fan base selama lebih dari 3 dekade. Franchise ini bahkan telah berkembang menjadi 3 buah trilogi yang disesuaikan dengan masanya. Panjangnya saga ini membuat para penggemar baru kebingungan untuk memulai menonton ceritanya dari mana. Karena film Star Wars memang tidak dikeluarkan secara runut. Buat kamu yang penasaran, berikut ini adalah urutan film Star Wars lengkap mulai dari The Phantom Menace sampai The Rise of Skywalker.

1. Star Wars – Episode I: The Phantom Menace (1999)


urutan film star wars 1


The Phantom Menace bercerita tentang awal dari dua Jedi yang menyusup sebagai negosiator untuk Republik. Mereka pun menemukan andil Trade Federation yang menawan planet Naboo. 
Penawanan ini tidak lebih dari inisiasi Sith Lord Darth Sidious yang mencoba mengatur planet tersebut. Di film ini juga Senator Palpatine sukses melempar Supreme Chanchellor dari bangku pimpinan di Republik. 
Sang protagonis, tentu saja para Jedi seperti Qui-Gon Jinn dan Obi-Wan Kenobi muda memabantu suku Naboo dan mencari Ratu Naboo. Di misinya tersebut mereka juga menemukan anak sembilan tahun bernama Anakin Skywalker.

2. Star Wars – Episode II: Attack of the Clones (2002)
urutan film star wars 2


Film yang menceritakan 10 tahun setelah peperangan di planet Naboo, dimulai dengan upaya pembunuhan berencana terhadap mantan Ratu, Padme Amidala yang menjadi Senator Naboo. 
Para Jedi yang menyelamatkan planet Naboo, Obi-Wan dan Anakin ditugaskan untuk melindunginya. Obi-Wan sendiri bertugas mencari para pelaku yang berupaya membunuh Ratu Padme, di sisi lain Anakin dan Padme lari ke planet Naboo untuk berlindung.
Di ambang perang sipil, Jedi pengkhianat beranam Count Dooku membuat ribuan tata planet mengancam untuk memisahkan diri dari Galactic Empire. Kemudian, Anakin, Ratu Padme dan Obi-Wan terjerumus ke jantung Resistance dan menjadi awal ancaman baru terhadap galaksi.

3. Star Wars – Episode III: Revenge of Sith (2005)

urutan film star wars 3


Perpecahan tata planet dari Galactic Empire membuat Jedi Knight bubar ke penjuru galaksi. Para Jedi mempersiapkan langkah dengan para klon untuk melawan Resistance. Jedi Council lalu mengirim Obi-Wan Kenobi untuk mengalahkan Jendral Grievous, pemimpin Resistance. 
Sementara itu Anakin Skywalker terpisah dari Kenobi dan dekat dengan Senator Palpatine. Kedekatan Anakin dengan Chanchellor dari Galactic Republic yang tanpa diketahui seorang Sith Lord.Pertemanan ini semakin berbahaya untuk Jedi Order, Republik dan Anakin sebelum tenggelam ke Dark Side. 
Alhasil, Anakin Skywalker yang baik hati dan pemimpin para klon terjerumus dan berubah menjadi karakter yang kita kenal dengan nama Darth Vader. Kehadiran Darth Vader mengubah nasib galaksi secara drastis.

4. Star Wars - Rogue One (2016)
Rogue One: A Star Wars Story sendiri berfokus pada Aliansi Pemberontak yang merekrut Jyn Erso (Felicity Jones) setelah terbentuknya Kekaisaran Galaksi.Jyn Erso harus bekerjasama dengan sebuah tim termasuk Cassian Andor (Diego Luna) untuk mencuri desain denah senjata super baru milik Kekaisaran, Death Star. Denah ini nantinya yang akan digunakan pemberontak untuk menghancurkan Death Star di bawah kepemimpinan Princess Leila. 

5. Star Wars - Solo (2018)


Solo berfokus pada petualangan Hans Solo muda sebelum dia menjadi salah satu pilot pesawat terbang yang handal dan menjadi salah satu tokoh utama dalam saga Star Wars. 

6. Star Wars – Episode IV: A New Hope (1977)

urutan film star wars 4


Menjadi salah satu episode paling berkenan, film yang diawali dengan jatuhnya pesawat Rebel yang dinaiki oleh Ratu Leia Organa.Mereka terdampar di planet Tatooine setelah pesawatnya ditembak oleh Darth Vader dan para Strorm Trooper. 
Sebelum ditawan sang putri membiarkan Droid R2-D2 kabur untuk mengamankan blueprint senjata canggih dan pesan holographic untuk Obi-Wan Kenobi. Secara garis besar film ini merupakan awal kisah dengan sisi Darth Vader sebagai nilai jual Star Wars. Tentu saja, dengan aksi sang karakter ikonik yaitu Luke Skywalker, Han Solo bersama Chewbacca untuk menghancurkan pesawat Death Star.

7. Star Wars – Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

urutan film star wars 5


Selang 3 tahun setelah hancurnya pesawat Death Star, sesuai judulnya bahwa Galactic Empire memaksa para Aliansi Rebel untuk pindah ke Hoth. Dituntun oleh arwah Obi-Wan, Luke Skywalker berjalan menyusuri Dagobah untuk menemukan sang Jedi Master bernama Yoda. 
Setelah bertemu dan melatih, Luke dihalangi dengan kehadiran Vader yang memancing dengan sandera Han dan Leia di Cloud City. Nah, di sini lah momen ikonik ketika Luke menyadari bahwa Darth Vader merupakan sang ayah, yaitu Anakin Skywalker.

8. Star Wars – Episode VI: Return of the Jedi (1983)

urutan film star wars 6


Setahun jelang pengungkapan identitas Darth Vader, episode membawa Luke yang bergabung dengan Leia dan Lando dalam misi menyelamatkan Han Solo dari tawanan Jabba the Hutt. Setelah sukses pun Luke kembali ke Dagobah dalam misi menyelesaikan latihan sebagai Jedi. 
Namun nahas, Luke kembali dengan terbaringnya Yoda di kasurnya dalam keadaan sekarat. Yoda pun menyisipkan kata-kata terakhir tentang ayah Luke dan dia harus mengalahkan Darth Vader untuk menyelesaikan latihannya. Momen ikonik kembali terulang dengan duel lightsaber sengit anak dan ayah. Tentu episode ini wajib kalian simak ya Toppers!

9. Star Wars – Episode VII: The Force Awakens (2015)

urutan film star wars 7


Jelang 30 tahun setelah kehancuran Death Star, Luke Skywalker pun ternyata menghilang. Sisa-sisa Empire pun menjadi First Order yang berencana menghancurkan Luke beserta New Republic. 
Mereka juga dilawan oleh Resistance yang dipimpin oleh Ratu Leia. Di planet Jakku, Poe Dameron yang menjadi pilot Resistance menemukan lokasi Luke di peta, namun ditangkap oleh Storm Trooper di bawah komando Kylo Ren. 
Pada episode ini juga ada momen di mana Han Solo dan Chewbacca mendapatkan kembali pesawat Falcon yang legenda. Mereka pun setuju untuk membawa lokasi Luke di BB-8 kepada pasukan Resistance.

10. Star Wars – Episode VIII: The Last Jedi (2017)
urutan film star wars 8


Di film ini terdapat momen terbaik ketika Rey mengembangkan diri sebagai seorang Jedi terakhir. Dalam misi ini, Rey mencari Luke dan meyakinkan dirinya untuk mengajari cara mengeluarkan kekuatan ForceSelain itu juga Rey mencari jati dirinya mengenai hubungan bersama Luke dan juga Kylo Ren. 
Secara tidak sengaja Rey mampu menggunakan Force dan berkomunikasi dengan Kylo Ren terlepas jarak dan waktu yang berbeda. Pasca bertemu dengan berseteru, Kylo Ren memberikan pendapatnya dalam menciptakan perdamaian dan beraliansi, ya meskipun hanya untuk sementara. Namun, di sini Kylo Ren secara mengejutkan membunuh Snoke, seorang Supreme Leader untuk membantu Rey.

11. Star Wars – Episode IX: The Rise Of Skywalker (2019)

Film ini merupakan film terakhir dari tirlogi ketiga dan akan menjadi akhir dari pertarungan Rey melawan Kylo. Film ini akan ditayangkan pada bulan Desember akhir tahun ini dengan membawa slogan baru: Every Generation Has A Legend

No comments