Breaking News

Apa itu Mockumentary


IMedia9.net - Mockumentary adalah singkatan dari Mock (Pura-pura) dan Documentary (Dokumentasi). Jadi film mockumentary adalah sebuah film yang menggabungkan antara konsep film dokumenter namun dicampur dengan elemen fiksi. Hasilnya bisa berupa film bergenre komedi, horor bahkan film aksi.

Beberapa film Mockumentary kadang digambarkan dengan sangat nyata dan serius dalam kemasan sarkasme. Misalnya dalam film Mockumentary tentang gerakan pengurangan sampah plastik di dunia, film The Majestic Bag menyajikan kantong plastik ini sebagai karakter utama yang mencoba mencari jalan pulang ke pusat polusi plastik di Pasifik.

Meski sepintas terlihat lucu dan tidak masuk akal, namun teknik Mockumentary dalam film ini berhasil menyampaikan pesan tentang berbahayanya polusi plastik di dunia.


Selain menggunakan konsep gabungan antara dokumenter dan parodi, Mockumentary juga memiliki keunikan sendiri dari sisi penggunaan kamera. Dalam Mockumentary kameramen bisa menjadi tokoh tersendiri. Biasanya dalam film manapun, kameramen bukanlah seorang tokoh yang bisa berinteraksi dengan pemain dalam film. Sementara dalam Mockumentary kameramen justru merupakan karakter penting yang juga bisa saling berinteraksi dengan tokoh lain.

Kelucuan gaya Mockumentary tampaknya telah dilirik oleh beberapa brand besar untuk mempromosikan produk mereka. Salah satunya adalah iklan Head and Shoulders yang dibintangi oleh Joe Taslim.  Meski terkesan seperti sebuah "bloopers" dalam pengambilan take pada iklan, faktanya semua adegan dalam scene ini adalah gabungan dari setingan, script dan arahan sutradara yang sangat matang dalam membentuk iklan bergaya Mockumentary.


Kesimpulannya Mockumentary adalah genre film trend terbaru yang menggabungkan unsur-unsur perencanaan, spontanitas dan ekspresi bebas untuk menghasilkan bentuk visual dengan beragam genre secara bersamaan. Di satu sisi, Mockumentary bisa terlihat sangat formal, di sisi lain juga dapat terlihat sangat konyol dan spontan meski tetap digarap dengan sangat serius.

Salah satu film Mockumentary yang digarap sangat serius adalah Team Thor yang mengisahkan sisi lain kehidupan Thor sebelum pertarungan melawan Thanos. Anda yang baru pertama kali melihatnya pasti akan kebingungan. Ini filmnya serius nggak sih?



No comments