Breaking News

Pengertian Budaya Dan Unsur-Unsurnya


IMedia9.net - Apa itu Budaya? Budaya merupakan cara hidup yang berkembang, serta dimiliki bersama oleh kelompok orang, serta diwariskan dari generasi ke  generasi. Budaya ini terbentuk dari berbagai unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, perkakas, bahasa, bangunan, pakaian, serta karya seni.

Bahasa sebagaimana juga sebuah budaya, adalah suatu bagian yang tidak terpisahkan dari manusia sehingga kebanyakan manusia lebih cenderung menganggap sebagai sebuah warisan secara genetis. Saat orang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya, serta lebih menyesuaikan perbedaannya, dan membuktikan bahwa budaya itu dapat dipelajari. .

Dalam pengertian budaya secara umum, budaya ialah suatu cara hidup yang mengatur supaya setiap insan manusia memahami dan mengerti apa yang harus dilakukan, diperbuat, serta untuk menentukan perilaku dalam menjalin hubungan dengan manusia yang lain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Budaya diartikan sebagai pikiran akal budi atau adat-istiadat. Secara tata bahasa pengertian kebudayaan diturunkan dari kata budaya yang cenderung menunjuk pada pola pikir manusia. Budaya merupakan salah satu cara hidup yang terus berkembang dan dimiliki bersama oleh suatu kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya.

Berikut ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam budaya:

Pengetahuan
Membahas tentang ilmu pengetahuan tentang keadaan lingkungan manusia dan sifat peralatan yang digunakanya. Sistem pengetahuan mencakup tumbuhan dan binatang, ruang dan waktu, perilaku dan sifat manusia, ruang pengetahuan tentang alam, dan lain sebagainya.


Peralatan Teknologi Hidup
Seluruh teknik yang ada pada manusia. Mencakup semua sifat, tindakan dan perilaku manusia. Hal ini berhubungan dengan pemrosesan bahan baku mentah dan pengumpulanya yang bertujuan untuk kebutuhan manusia.

Kemasyarakatan
Sekumpulan masyarakat yang saling berempati. Hal ini mencakup kenegaraan, kesatuan hidup, perkumpulan, organisasi, dan lain sebagainya.

Bahasa
Merupakan suatu pengucapan yang indah dalam suatu bidang kebudayaan. Hal tersebut mampu menjadi media perantara yang paling utama bagi manusia untuk melanjutkan kebudayaan dan mempraktikan kebudayaan.

Mata Pencaharian Hidup
Seluruh aktivitas manusia yang bertujuan untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari. Hal ini meliputi ekonomi, berburu, menanam, perkebunan, perdagangan, dan lain sebagainya.

Religi  Atau Agama
Suatu sistem keyakinan dan keagamaan yang sudah saling padu dalam masyarakat. Hal ini berkaitan dengan hal-hal suci yang tidak dapat dilogikakan oleh pikiran manusia. Sistem religi ini meliputi komunikasi agama, pandangan hidup, keyakinan, upacara keagamaan.

Kesenian
Semua hal yang berhubungan dengan hasrat atau nafsu atau keinginan manusia terhadap suatu keindahan. Secara umum, bentuk keseniaan adalah seni suara, seni tari, dan seni rupa.

No comments