Seri Belajar Unity Untuk Pemula - Pengenalan Interface



IMedia9.net - Unity memiliki lebih dari 20 panel development yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Namun secara umum terdapat 5 buah panel dasar yang paling sering digunakan dan harus dikuasai oleh pemula. Panel-panel tersebut adalah project Window/Assets, Hierarchy, Scene, Game dan Inspector.

1.Project/Assets Window

Panel Project/Assets berfungsi untuk menampilkan seluruh aset seperti Model 3D, gambar/tekstur, suara, animator, serta script yang akan digunakan pada game/proyek Anda. Project/Assets Window bisa dianalogikan sebagai sebuah perpustakaan Asset.

2.Hierarchy

Panel Hierarchy berfungsi untuk menampilkan seluruh Aset yang digunakan pada satu buah Scene/Level dalam bentuk teks. Dalam hal ini, panel Heirarchy dan panel Scene merupakan dua buah panel yang saling terkait satu sama lain.

Baca Dulu: Cara Instalasi Unity

3.Scene

Panel Scene berfungsi untuk menampilkan level yang akan anda bangun baik dalam prespektif 2D maupun 3D. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, panel ini terkait dengan panel Hierarchy karena objek yang terdaftar pada panel Hierarchy dapat dilihat secara visual melalui panel Scene. Untuk memudahkan proses pembangunan, sangat disarankan bagi anda untuk membuat membangun 1 scene untuk 1 level saja.

4.Game

Panel Game merupakan panel utama berfungsi untuk melakukan testing terhadap game yang sudah anda buat. Secara umum, apa pun yang ditampilkan pada panel Game akan menjadi tolok ukur anda pada saat game anda akan dipublish. Dan saat panel ini diaktifkan dengan menekan tombol Play, maka anda tidak dapat menyimpan perubahan apa pun dan seluruh modifikasi run time yang dilakukan (bila ada) akan dikembalikan ke posisi sebelumnya.

Baca Dulu: 5 Konsep Dasar Pemrograman C# Dengan Unity

5.Inspector

Panel Inspector merupakan panel yang berfungsi untuk melakukan modifikasi lebih lanjut terhadap game yang anda bangun. Penting untuk diingat jika Panel Inspector hanya akan menampilkan detil dari atribut satu buah GameObject yang terpilih pada panel Hierarchy. Sehingga dalam proses pengembangan game, panel Hierarchy, Scene dan Inspector merupakan 3 panel dasar yang perlu anda pahami.


No comments