Breaking News

Pengertian Visi dan Misi Perusahaan Serta Perbedaan Dan Contohnya


IMedia9.net - Apa itu pengertian visi dan misi perusahaan? Apa pula perbedaan antara visi dan misi  perusahaan? Seperti apa contoh-contoh pembuatan visi dan misi perusahaan yang benar? Untuk memahami pengertian visi dan misi perusahaan termasuk perbedaan diantara keduanya kamu perlu memahami penjelasan berikut. Cekidot!

Pengertian Visi dan Misi Perusahaan

Visi adalah suatu konsep pandangan tentang tujuan perusahaan di masa depan. Visi merupakan pandangan jauh secara global terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi di masa depan terkait dengan masa depan perusahaan. Visi perusahaan harus dapat dituangkan ke dalam satu kalimat yang mencakup seluruh cita-cita dan harapan perusahaan di masa depan.

Adapun dalam merancang sebuah kalimat visi terdapat beberapa kriteria yang harus menjadi elemen dalam sebuah kalimat visi. Beberapa diantaranya adalah:

  • Memiliki orientasi ke masa depan
  • Mampu mengekspresikan kreatifitas 
  • Tidak dibuat berdasarkan kondisi yang ada pada saat ini
  • Memiliki nilai kebermanfaatan yang dapat dirasakan oleh masyarakat luas

Visi juga dapat didefinisikan sebagai cara pandang jauh ke depan untuk memahami akan dibawa kemana arah organisasi agar dapat tetap eksis, bertahan, antisipatif dan inovatif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh organisasi. Secara ringkas visi adalah pandangan/pemikiran terhadap apa yang akan terjadi di masa datang.

Misi adalah pernyataan-pernyataan yang mencerminkan usaha dalam mewujudkan sebuah visi perusahaan. Misi merupakan poin-poin penting sekaligus tujuan dan alasan mengapa perusahaan atau lembaga itu dibuat. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan-batasan proses pencapaian tujuan.

Misi juga dapat didefinisikan sebagai merupakan pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai. Pernyataan misi membawa organisasi kepada suatu fokus. Misi
menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukannya, dan bagaimana
melakukannya.

Misi merupakan suatu tahapan dan proses yang harus dilaksanakan oleh organisasi agar tujuan
organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Pernyataan misi diharapkan dapat menjadi acuan terhadap suatu organisasi untuk mengenal organisasinya lebih baik dan mengetahui peran serta output organisasi yang akan diperoleh dimasa mendatang.

Perbedaan Visi dan Misi Perusahaan

Secara singkat perbedaan Visi dan Misi Perusahaan terletak pada objek yang menjadi fokusnya. Jika pada visi lebih kepada ‘What we believe we can be‘ di masa depan, sementara misi lebih kepada ‘What we believe we can do‘ mulai saat ini sampai ke masa depan. Jadi Misi lebih kepada langkah-langkah yang harus dilakukan oleh organisasi untuk mencapai visi yang berada jauh di depan.

Visi adalah cita-cita perusahaan jangka panjang, sementara misi adalah usaha mencapai cita-cita perusahaan jangka pendek dan jangke menengah.

Contoh Visi dan Misi Perusahaan 

Semua perusahaan besar memiliki kalimat visi dan misi yang sangat singkat dan jelas. Hanya dengan membaca kalimat tersebut, orang awam pun akan paham terhadap arah perusahaan mulai dari saat ini sampai ke masa depan. Berikut ini adalah beberapa contoh Visi dan Misi Perusahaan terkenal.

Contoh Visi dan Misi Artha Prima Finance


Contoh Visi dan Misi Emge Tools


Contoh Visi dan Misi Perusahaan


Jika kamu merasa artikel Pengertian Visi dan Misi Perusahaan Serta Perbedaan Dan Contohnya ini berguna untuk kamu, jangan ragu-ragu untuk Like and Share ya! Semoga bermanfaat!

No comments