Breaking News

Informasi Beasiswa Bidikmisi 2019


IMedia9.net - Ada beragam program beasiswa yang ditawarkan oleh beberapa instansi baik pemerintah maupun swasta. Sebagian program beasiswa ditujukan untuk mahasiswa S1, sementara beberapa program lainnya ditujukan untuk mahasiswa S2/Pasca Sarjana dan program doktor. Sayangnya, informasi mengenai program-program beasiswa tersebut seringkali tidak akurat atau bahkan terlambat sampai sehingga para mahasiswa calon penerima beasiswa tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengumpulkan seluruh persyaratannya.

 Buat kamu yang masih kuliah dan ingin mencoba mengajukan program beasiswa tapi kekurangan informasi, tenang. Jangan panik. Tetap lah kuselow, sangat selow dan selalu selow karena rezeki takkan kemana. Segmen beasiswa IMedia9.net akan memberikan informasi terbaru dan paling terupdate tentang beragam program beasiswa di seluruh Indonesia khusus buat kamu!

Baca Juga: Informasi Beasiswa BCA Finance 2019

Informasi Beasiswa Bidikmisi 2019

Beasiswa Bidikmisi diberikan sejak mahasiswa ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi di perguruan tinggi. Untuk S1 atau Diploma IV beasiswa akan diberikan hingga 8 semester, sedangkan untuk D3 maksimal 6 semester, D2 maksimal 4 semester, dan D1 maksimal 2 semester.

Berikut ini adalah persyaratan calon penerima beasiswa bidikmisi:
  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019, memiliki identitas berupa NISN dan NPSN yang valid di PDSPK.
  2. Lulusan tahun 2018 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria 1) Siswa  Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP)  2)  Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;

Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:

      1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
      2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
      3) Seleksi mandiri PTN.
      4) Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya
      5) PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

Kuota Bidikmisi diperuntukkan bagi mahasiswa yang lulus SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri PTN, Seleksi di Politeknik, UT, ISI, serta seleksi di PTS.

Pendaftaran:
Pengajuan Beasiswa Bidikmisi 2019 dilakukan secara online dengan mendaftar di laman Bidikmisi: https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Tahapan pendaftaran Bidikmisi:


  1. Bagi siswa: 1) Penerima KIP dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman LTMPT atau Bidikmisi. 2) Bukan penerima KIP mendaftar ke sekolah untuk direkomendasikan
  2. Bagi sekolah: 1) Sudah memiliki Kode Akses Sekolah langsung merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan NISN. 2) Belum memiliki Kode Akses Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 1 bagian persetujuan dan tanda tangan). Ditjen Belmawa Kemenristekdikti memverifikasi pendaftaran sekolah dan mengeluarkan Kode Akses Sekolah (1 x 24 jam pada hari dan jam kerja)
  3. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada siswa yang sudah direkomendasikan.
  4. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan dalam sistem pendaftaran.
  5. Bagi calon mahasiswa penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, akan dilakukan verifikasi lebih lanjut dan penetapan kelayakan mahasiswa penerima Bidikmisi oleh perguruan tinggi dengan mempertimbangkan dokumen pendukung.


Penetapan: 
Bagi calon mahasiswa penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, akan dilakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Verifikasi kelayakan penerima Bidikmisi oleh perguruan tinggi dan Kopertis
  2. Penetapan mahasiswa penerima Bidikmisi oleh perguruan tinggi dan Kopertis. 

Informasi atau pertanyaan bisa disampaikan melalui email: bidikmisi@ristekdikti.go.id.

Perhatian: 
Hanya calon penerima beasiswa yang memenuhi syarat yang akan diproses lebih lanjut. Pastikan kamu mengajukan pendaftaran sebelum deadline 30 September 2019. Setiap pendaftaran yang diposting melewati batas deadline secara otomatis akan ditolak. 

Jika kamu merasa artikel Informasi Beasiswa Bidikmisi 2019 ini berguna untuk kamu, teman, kerabat atau saudara yang membutuhkan, jangan ragu-ragu untuk Like dan Share ya! Semoga bermanfaat!

No comments