Breaking News

Game Based Learning Adalah Solusi Edukasi Masa Depan


IMedia9.net - Game Based Learning adalah sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan game yang telah dirancang khusus untuk membahas sebuah subjek atau mata pelajaran tertentu. Secara ringkas, Game Based Learning adalah menggunakan game untuk belajar. Apa pun bentuknya, apa pun sistem operasi, apa pun platformnya, selama game yang digunakan dirancang untuk membahas suatu materi dan digunakan dalam ruang lingkup edukasi, maka hal tersebut sudah bisa dikategorikan sebagai Game Based Learning

Apa perbedaan Game Based Learning dengan Serious Game?

Jika dilihat dari definisinya, Serious Game alias game yang serius adalah game yang kontennya beririsan dengan bidang lain selain bidang entertainment. Jadi selama konten game tersebut berada pada bidang edukasi, kesehatan, industri, atau finansial maka game tersebut bisa dikategorikan sebagai serious game.

Maka secara umum term Serious Game, Education Game dan Game Based Learning pada intinya sama saja. Sama-sama menggunakan game sebagai media untuk membantu proses pembelajaran. Istilah yang lebih dulu populer beberapa tahun yang lalu adalah Computer Based Training dan Computer Based Assisstant. Meski beda-beda tipis, tapi yang dibahas itu-itu juga.

Salah satu contoh Game Based Learning revolusioner adalah game buatan Triseum yang menggabungkan antara pelajaran Kalkulus dan perspektif RPG.


Penerapan Game Based Learning tidak harus selalu menggunakan game yang memiliki tampilan visual canggih dan spesifikasi komputer yang berat. Trsieum juga mengeluarkan game point and click untuk mata pelajaran Seni berjudul Arte Mecenas.


Lalu bagaimana dengan Simulator Game? Sama juga. Perbedaannya hanya terletak pada jenis game dan perpektif yang digunakan. Jika pada Game Based Learning, game yang digunakan tidak terikat dengan genre, sedangkan pada penerapan Simulator Game, genre utamanya adalah simulator yang cenderung menggunakan perspektif orang pertama.

Secara fundamental game Simulator memang harus melakukan simulasi terhadap suatu objek. Apalagi dalam beberapa jenis game, tingkat kemiripan suatu game dengan aslinya menjadi sebuah syarat mutlak untuk sebuah studi kelayakan, misalnya pada Microsoft Flight Simulator.


Apa perbedaan Game Based Learning dengan Gamifikasi?

Sebenarnya jika melihat dari konteks definisi, maka Game Based Learning dan Gamifikasi adalah dua konsep yang saling bertolak belakang. Pada Game Based Learning, game digital HARUS digunakan sebagai bentuk baru dari proses penyampaian materi. Sementara pada Gamifikasi (khususnya penerapan Gamifikasi pada edukasi), proses penyampaian materi TIDAK menggunakan game digital, hanya saja mengambil elemen-elemen pada game digital dan menerapkannya di kelas.

Baca Dulu: Apa Itu Gamifikasi?

Mengapa Game Based Learning Menjadi Penting? 

Jawaban mudah. Karena saat ini dunia tengah memasuki era serba digital. Anak-anak dibawah usia 10 tahun sudah terbiasa menggunakan gadget bahkan beberapa studi telah mengemukan tingkat ketergantungan anak-anak terhadap gadget. Tidak mudah untuk menghentikan ketergantungan anak-anak terhadap gadget dan perangkat teknologi, namun jika konten pada perangkat tersebut bisa dikonversi menjadi sarana edukasi, bukankah ini menjadi penanda sebuah era edukasi modern?

Penerapan Game Based Learning memang bukanlah sesuatu yang mudah dan murah. Karena tidak semua sekolah memiliki fasilitas yang mumpuni untuk menjadikan game sebagai bagian dari pembelajaran menggantikan buku dan papan tulis. Namun langkah awal pada penerapan Game Base Learning di berbagai kampus telah membuktikan jika konsep Game Based Learning sangat potensial untuk dikembangkan.

Yang jelas penelitian dan uji coba terhadap Game Based Learning terus dilakukan dan beberapa studi menunjukkan jika penerapan Game Based Learning bisa meningkatkan minat belajar siswa terhadap suatu materi dari 80% menjadi 100%. Hal ini menunjukkan jika konsep Game Based Learning perlu dikaji lebih mendalam untuk menemukan formula yang tepat dalam penerapannya.

Kalau ditanya apakah apakah Game Based Learning adalah Solusi Edukasi Masa Depan?

Saya sih Yes.

Bagaimana dengan kamu?


No comments