Breaking News

Review Detective Pikachu: Film Pika-Pika Unyu-Unyu Yang Tembus Box Office


IMedia9.net - Siapa yang tidak kenal Pokemon? Generasi tahun 90an pasti kenal dengan monster kecil unyu berwarna kuning yang mampu mengeluarkan sengatan listrik ini. Dialah Pikachu yang juga terkenal dengan suaranya yang unyu, Pika-Pika.

Pokemon sendiri sebenarnya mulai dikenal melalui gamewatch jaman jebot yang dirancang sedemikian rupa (dengan intuisi marketing dan sales yang ciamik) sebagai mainan yang paling sukses penjualannya. Yaiyalah, secara jumlah Pokemon itu ada ratusan dan setiap gamewatch hanya bisa digunakan untuk memainkan satu jenis Pokemon.

Pokemon sendiri mencapai puncak kejayaannya dengan aplikasi Pokemon-GO, sebuah game berbasis Augmented Reality yang super booming dan menjadi sebuah trend baru. Aplikasi Pokemon-GO jugalah yang menjadi salah satu faktor teknologi AR disebut-sebut sebagai teknologi "penghancur" abad ini.

Lalu apa itu Detective Pikachu? Apakah ada hubungannya dengan franchise Pokemon sebelumnya? Yah, bisa dibilang ada dan bisa juga tidak.

Secara umum film Detective Pikachu berkisah tentang sebuah kota dimana manusia dan Pokemon, yang secara bentuk dan bahasa berbeda, tapi bisa hidup damai berdampingan. Satu hal yang krusial adalah manusia tidak bisa memahami bahasa Pokemon. Dalam film kartunnya, Pikachu terkenal dengan suaranya: Pika-Pika.

Tapi tidak demikian di film ini. Keunikan film ini muncul ketika Tim Goodman, secara ajaib, mampu memahami bahasa Pokemon. Si Pikachunya ternyata sedang hilang ingatan, dan satu-satunya petunjuk hanyalah alamat rumah Harry Goodman yang merupakan bapaknya si Tim. Yang bikin tambah puyeng, bapaknya si Tim itu ngilang. Sehingga untuk mengungkap keruwetan misteri inilah, mereka berdua pun berubah menjadi Kamen Rider, eh detektif.

Film ini sendiri berhasil menjadi box office dan tembus 90$ juta dollar pada awal minggu penayangannya. Angka ini, meski terbilang besar, tampaknya akan disalip oleh John Wick 3 yang diprediksi akan berhasil meraup dua kali lipat penghasilan Detective Pikachu.

Adapun faktor utama kesuksesan film ini sangat terletak dari Ryan Reynolds selaku pengisi suara Detective Pikachu. Celotehnya yang khas, intonasi yang pas meski kadang-kadang gaje inilah yang membuat film ini menjadi sangat lucu dan jauh berbeda dari film Pokemon lainnya. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kelanjutan atau sequelnya. Namun melihat dari besarnya keuntungan yang diperoleh, bukan tidak mungkin Warner Bros memproduksi sequelnya.


No comments