Breaking News

Resmi! Akhirnya Vuforia Tidak Gratis Lagi!


IMedia9.net - Berita duka datang dari salah satu provider Augmented Reality SDK (yang katanya) terbesar di dunia yaitu Vuforia. Sejak awal berkiprah di bidang AR, Vuforia telah membantu ribuan developer untuk mewujudkan aplikasi AR pertama mereka.

Selain memberikan dukungan penuh terhadap 2D tracking, 3D tracking, sampai yang paling baru adalah Ground Plane atau Markerless tracking, skema Vuforia yang menawarkan versi Free dan Pro kepada para penggunanya merupakan salah satu yang membuat nama Vuforia naik daun, naik batang sampai naik genteng.

Sejak tahun 2017, Vuforia semakin mengokohkan dirinya, bagai pohon diterjang badai, sebagai AR SDK yang paling banyak digunakan sejak resmi berpartner dengan Unity, salah game engine 3D yang telah memiliki jutaan developer di seluruh dunia.

Namun malang tak dapat ditolak, sang dukun pun akhirnya bertindak. Eh? Gara-gara manuver Unity terhadap AR Core (engine AR besutan google untuk Android) dan AR Kit (engine AR milik Apple) dan proyek pengembangan AR Foundation, Vuforia kelihatannya merasa di anak tirikan.

Apalagi AR Foundation milik Unity, disebut-sebut akan menjadi SDK AR resmi milik Unity yang akan mengadopsi dua fungsi raksasa AR SDK milik Google dan Apple sekaligus. Gimana nggak powerful tuh AR Foundation nantinya?


Hal inilah yang akhirnya (kelihatannya) membuat Vuforia berbalik arah kayak para aktor politik, mulai cari aman dan mengganti seluruh kontrak lisensi yang telah berjalan selama beberapa tahun ke belakang. Melalui email resminya, Vuforia menyatakan jika seluruh lisensi klask miliknya akan 'hangus' per tanggal 29 Mei 2019.


Sayangnya tawaran lisensi berbasis subskripsi yang diajukan oleh Vuforia, terlihat terlalu mahal bagi sebagian orang. Memang sih lisensi yang paling murah yaitu lisensi basic hanya 42$/bulan saja, namun jika diteliti lagi lisensi itu akan ditagih pertahun alias jadi 504$/tahun.


Aji gile muke gile senam pagi. Emangnya setahun bakalan terus ngedevelop AR? Nggak gitu juga kali. Tapi ya sudahlah. Pernyataan Vuforia ini benar-benar telah menjadi sebuah pemicu PERANG TOTAL bagi para pengguna Unity versi gratisan.

Tidak ada pilihan lain sodara-sodara sebangsa tanah, dan sebangsa air. (sebangsa jin dan dedemit nggak perlu disebut). Mulai hari ini, marilah kita hijrah bersama-sama ke AR Foundation untuk menyongsong masa depan yang lebih ceria dan gratis.

Seperti apa sih kemampuan AR Foundation? Yuk kita simak.


Update: Meski mengubah skema Classic License menjadi Basic Licesen, sepertinya Vuforia tidak mengubah atau menghapus apa pun yang berkaitan dengan Development License. Besar kemungkinan, Development License masih tersedia secara gratis dan bisa digunakan oleh mahasiswa/akademisi untuk mengeksplor teknologi AR untuk keperluan edukasi

No comments