Breaking News


9 Fakta Menarik Unity AR Foundation


IMedia9.net - Sejak resmi diluncurkan pada versi 2018.3, Unity AR Foundation telah sukses menjadikan para wanita menjadi lebih cantik dan menawan. Eh? Oh salah, maaf, maksudnya bukan foundation yang itu. Habis namanya foundation cyiiin, jadi inget foundation yang lain.

Oke, back to the topic. AR Foundation merupakan AR besutan Unity yang disebut-sebut akan menjadi fitur resmi Unity dalam penerapan teknologi Augmented Reality. Seperti yang kita tahu, sebelum-sebelumnya, Unity tidak pernah fokus pada penggunaan teknologi AR dan lebih memilih untuk bergabung menggunakan pihak ketiga seperti Vuforia, Wikitude, Easy AR, Kudan dan sebagainya.

Bahkan Vuforia sempat menjadi partner resmi Unity untuk teknologi AR sejak versi 2017. Sayangnya, sejak peluncuran AR Foundarion, Vuforia tampaknya tersingkir secara perlahan karena Unity sudah berpaling ke lain AR. Duh, kaciaaan.

Vuforia sendiri sudah fix dan menekatkan diri untuk mengubah seluruh lisensi yang pernah ada, terutama lisensi gratis yang selama ini menjadi andalan para pengguna Unity. Lebih lanjut mengenai ini bisa anda baca di sini: Resmi! Akhirnya Vuforia Nggak Gratis Lagi!

Jadi apa kelebihan AR Foundation bila dibandingkan dengan para AR SDK yang sudah terlebih dahulu turun gunung di dunia Augmented Reality? Ini dia 9 Fakta Menarik Unity AR Foundation. Cekidot guys!

1. Dibangun di atas AR Core & AR Kit

Salah satu kehebatan Unity adalah visinya yang luar biasa. Unity tahu jika saat ini, raksasa di teknologi AR hanya ada yaitu AR Core miliki Google, dan AR Kit milik Apple. Jika Unity ingin bermain 'aman' di bidang AR, langkah yang paling bijak bukanlah dengan berusaha melawan kedua raksasa itu, melainkan menjadi teman para raksasa. Siasatnya berhasil. Hal ini akan membuat Unity menjadi lebih mudah membuat fitur AR dengan yang powerful dan teruji dengan sangat cepat.

2. Cross Platform

AR Foundation sejatinya adalah abstract layer, kumpulan fungsi, engine tempelan, library atau apa pun namanya yang dibangun diatas 2 engine raksasa AR. Hal ini membuat misi Unity terlihat jelas. Mengincar pasar Android dan IOS sekaligus.

3. Face Tracking

Face Tracking adalah tracking untuk face. Ya iyalah! Selama ini, fungsi face tracking hanya bisa dilakukan menggunakan library OpenCV. Ada sih yang bikin unitypackagenya, tapi bayar euy. Dan untungnya Unity mengembangkan fitur ini sebagai salah satu kekuatan AR Foundartion. Mancaap!

4. 2D Image Tracking

Melalui forum resmi, Unity pernah mengkonfirmasi jika fungsi image tracking pun akan dibuat pada AR Foundartion. Meski mungkin fiturnya belum setangguh Vuforia punya, tapi yah, lumayanlah daripada nggak ada.

5. 3D Tracking

Jika 2D Image tracking adalah mentracking kertas, maka 3D tracking mentracking mainan. Vuforia sudah pernah memiliki fungsi ini, dan berjalan dengan sangat keren. Unity mengklaim jika 3D Object tracking ini pun sudah bisa digunakan pada versi 2019.2.

6. Markerless Tracking

Sejak awal kemunculannya, fitur markerless merupakan fitur yang paling diunggulkan oleh Unity AR Foundation. Dan kelihatannya, fitur ini yang duluan akan diupgrade dan dipastikan kehandalannya.

7. Menjadi Paket Resmi Instalasi Unity

Seperti halnya Vuforia yang sempat bergabung menjadi paket instalasi resmi Unity, AR Foundation pastinya akan menjadi bagian dari paket resmi instalasi juga. Belum jelas seperti apa mekanismenya, namun beberapa sumber menyebutkan jika AR Foundation bisa diakses melalui package manager Unity.

8. Bagian dari Unity Roadmap Development

Jika sebelum-belumnya, fase Unity development hanya berkutat soal perbaikan dari sisi engine, script, package dan grafis, maka AR Foundation mendapatkan tempat khusus dalam roadmap Unity. Sehingga jangan heran jika sampai akhir tahun, salah satu fitur yang paling banyak diupgrade untuk setiap versi terbaru Unity akan berkutat seputar AR Foundation.

9. Gratis

Dan inilah fakta paling menarik dari seluruh fakta soal AR Foundation. Yes! Berbahagialah kalian wahai developer AR gratisan! Karena solusi dari Unity adalah nyata. Nyata gratisnya!



No comments