Breaking News


Apa Itu Gamifikasi


Apa Itu Gamifikasi - Gamifikasi adalah penggunaan Elemen Game dari desain game ke dalam konteks non-game. Definisi ini dipopulerkan pertama kali oleh Sebastian Deterding dalam paper ilmiah Gamification: Toward a Definition yang diterbitkan pada tahun 2011.

Istilah Gamifikasi sendiri sebenarnya diperkenalkan oleh Nick Pelling pada tahun 2002. Menurut Pelling, yang merupakan seorang programmer, Gamifikasi diartikan sebagai penerapan desain antarmuka untuk pengguna yang dipercepat "seperti game" untuk membuat transaksi elektronik lebih cepat dan menyenangkan.

Pada awalnya konsep Gamifikasi akan diterapkan pada benda-benda elektronik seperti vending machine untuk mempercepat traksaksi. Salah satu penerapan Gamifikasi pada vending machine yang sesuai dengan definisi Pelling adalah Coca Cola Free Style yang menggabungkan beragam rasa produk minuman sesuai dengan selera user.


Salah satu bentuk penerapan Gamifikasi pertama kali muncul pada desain Kamera CCTV berbentuk radial ball. Perkembangan teknologi, khususnya pada website membuat penerapan Gamifikasi menjadi semakin luas, khususnya pada beragam website e-commerce.

Rewards, point, dan badge menjadi ciri khusus penggunaan Gamifikasi pada website. Foursquare merupakan service pertama yang banyak menerapakn konsep Gamifikasi dan menjadi acuan website lain meski sebenarnya penerapan Gamifikasi lebih dari sekedar hal-hal tersebut.


Sampai saat Gamifikasi masih menjadi sebuah materi baru yang terus berkembang penggunaannya. Beragam framework telah dibuat untuk memetakan proses dan potensi penerapan Gamifikasi pada beberapa bidang seperti edukasi, kesehatan, militer dan sebagainya.

No comments