Breaking News

Apa Itu Gamifikasi


IMedia9.net - Istilah Gamifikasi pertama kali dicetuskan oleh Nick Pelling, pada tahun 2002. Nick Pelling adalah seorang game programmer yang kemudian memutuskan untuk melanjutkan studi MBA setelah game yang dirilisnya “gagal” meraih sukses.

Kata “Gamifikasi” muncul saat Nick Pelling mencoba menggabungkan dunia logika (programming) dengan dunia finansial (bisnis). Menurut Pelling, Gamifikasi adalah sebuah penerapan mekanisme atau user interface yang menyerupai game untuk membuat sebuat transaksi elektronik menjadi cepat dan menyenangkan.

Sehingga satu hal yang perlu dicatat dalam hal ini adalah definisi awal gamifikasi lebih mengacu pada sebuah transaksi elektronik.

“Applying game-like accelerated user interface design to make electronic transactions both enjoyable and fast.”  (Nick Pelling)

Pada tahun 2011, Sebastian Deterding dalam paper ilmiah yang berjudul Gamification: Toward a Definition membuat sebuah definisi baru mengenai Gamifikasi yang kini menjadi definisi Gamifikasi yang paling populer. Menurut Detering, Gamifikasi adalah penggunaan Elemen Game dari desain game dalam konteks non-game.

“Gamification is the use of Game Elements of game design in non-game context.” (Sebastian Deterding, Dan Dixon, Lennart E. Nacke, & Rilla Khaled)

Terlepas dari definisi yang digunakan, istilah Gamifikasi sudah menjadi sebuah “buzzword” yang sangat kental di dunia industri dan edukasi untuk menggabungkan elemen game ke dalam berbagai macam konteks non game.

Gamifikasi memiliki 3 komponen utama yang terdiri dari Game Elemen, Game Thinking dan Target Behavior. Gabungan dari ketiga komponen inilah yang dapat menentukan kualitas dari sebuah penerapan konsep Gamifikasi.

Game Element

Game Element adalah sebuah blok logika dan estetika yang digunakan untuk membangun sebuah game. Secara umum, seluruh komponen atau elemen yang digunakan dalam game bisa disebut sebagai game element. Beberapa jenis game elemen diantaranya adalah Conflict, Story, Strategy, Theme, Levels dan sebagainya.


Game Thinking

Game Thinking adalah kombinasi seni dan ilmu yang dapat menarik pelanggan/audience untuk dapat menguasai suatu subjek/materi. Game Thinking merupakan teknik untuk menyediakan cara mempelajari sesuatu dengan cepat, menyenangkan, dan minim risiko.


Target Behavior

Target Behavior adalah behavior(perilaku) terhadap sebuah komponen sistem yang diprediksi/diharapkan akan berubah sesuai dengan fungsi yang dirancang terhadapnya atau sebuah situasi. Target Behavior juga disebut dengan Predefined Behavior. 

No comments