Breaking News

Marvel Storytelling: Rahasia Dibalik Kesuksesan Para Superhero



Lebih dari 10 tahun dan 21 film, sejumlah film Marvel Cinematic Universe telah memperlihatkan konseistensi. Sementara banyak dari kesamaan ini disengaja untuk menjaga agar tampilan dan nuansa alam semesta kohesif, banyak orang juga mulai menunjuk ke "Formula Marvel Storytelling" sebagai tolok ukur dan sering digunakan untuk mengkritik film.

"Formula," yang berkaitan dengan pengamatan teknik bercerita, mungkin tidak dimulai sebagai kritik negatif. Penggunaan kata formula untuk menggambarkan urutan tindakan yang dapat diandalkan menyiratkan tingkat tertentu dari guratan ide dan rasa netralitas yang terkait dengan metode ilmiah yang bertentangan dengan konotasi yang lebih emotif.

Belakangan ini analisis media dalam bentuk kritik hiburan-populer sudah berpindah dari akademisi ke jurnalisme pada awal abad ke-20, khususnya ketika acara TV mulai membludak. Di tahun 1980-an, sebagian besar budaya populer telah disajikan dengan baik dan mampu mengenali struktur cerita yang akrab dalam sebuah karya.

Marvel Cinematic Universe mungkin adalah salah satu yang paling spesial. Dalam waktu kurang dari sepuluh tahun, MCU telah berubah dari sesuatu yang baru dan unik menjadi banyak dijadikan patokan bagi para pengembang film blockbuster. Keberhasilan yang hampir konstan (sampai saat ini siklus MCU belum pernah menghasilkan kegagalan box-office) menimbulkan kecemburuan dalam industri. Namun sisi baiknya, sebagian berusaha untuk "formula" di belakangnya.


Dan ternyata, rahasia dibalik kesuksesan superhero Marvel hanya satu, yaitu: "A familiar unifying theme". Maksudnya adalah, semua plot cerita dalam MCU memiliki satu benang merah yang sama. Termasuk karakteristik tokoh, plot, konflik, antaragonis, bahkan adegan yang akan dibuat, semuanya sama ~ meski tidak 100% kembar. Marvel tidak benar-benar membuat sesuatu yang baru.

Marvel hanya melihat apa yang disukai penonton, dan mencoba membuatnya lagi berulang-ulang dengan kostum yang berbeda. Well, selama penonton suka, tampaknya Marvel tidak akan pernah membuat plot atau gaya bercerita yang baru. Yang paling mungkin dilakukannya dalam beberapa tahun ke depan hanyalah membuat para pahlawan bertopeng baru naik ke layar.



No comments