Breaking

Monday, February 4, 2019

Cara Mengubah JPG ke PNG Dengan Photoshop CS6


Cara Mengubah JPG ke PNG Dengan Photoshop CS6Sebelum kita masuk ketutorial, sedikit pengetahuan buat kalian semua tentang perbedaan format .JPEG dan .PNG . Apasih mereka, mari kita kupas saja gaes….

JPEG

JPEG merupakan singkatan dari Joint Photographics Expert Group. Format yang memiliki ekstensi file *.JPEG atau *.JPG. ini mulai dikembangkan pada tahun 1986. Keunggulan JPEG adalah memiliki tingkat kompresi tinggi namun tetap menggunakan warna _true colour_ (24 bit). Sehingga walaupun ukuran file-nya kecil, warna yang ditampilkan tetap akurat, sehingga kualitas gambar dapat terjaga.

Format ini dapat digunakan di hampir semua sistem operasi seperti Windows, Mac, Linux, dan sebagainya. JPEG menjadi format standar untuk kamera digital atau kamera hp. Namun JPEG tidak mendukung transparansi. Sehingga jika gambar kamu tidak full, akan terdapat background berbentuk kotak warna putih. 

Format JPEG paling tepat digunakan untuk foto dan gambar yang memiliki kompleksitas warna tinggi, atau terdapat gradasi dengan perbedaan warna yang tipis, serta nuansa terang dan gelap.

PNG


PNG adalah kependekan dari Portable Network Graphic dan memiliki ekstensi file *.PNG. Pengembangan format PNG dimulai pada tahun 1995. Keunggulan PNG adalah mampu menyimpan gambar yang memiliki transparansi, misalnya _background_ transparan atau bagian gambar yang semi transparan. Kamu bisa memasukkan gambar PNG transparan ke dalam program lain, misalnya Microsoft Word tanpa ada _background_ putih yang mengganggu seperti format JPEG


Format PNG juga mampu menyimpan gambar yang semi transparan.

Format PNG paling tepat digunakan untuk foto dan gambar yang memiliki transparansi atau efek fading (luntur), misalnya logo. PNG juga sangat baik untuk menyimpan gambar yang akan digunakan sebagai bahan-bahan membuat desain selanjutnya. Namun ukuran file gambar berformat PNG cenderung lebih besar.



Nah sudah tau kan ,langsung saja kita masuk ke tutorialnya.

 1.       Langkah pertama
Buka Photoshop CS6 kalian yah , terus kita buka gambar .JPG. Caranya pada menu pilih File – Open (CTRL + O ) – pilih Gambar .JPG yang akan kita rubah. Lihat gambar dibawah.


Buka Gambar berformat .JPG

 2.       Lankah ke dua
Setelah gambar masuk ke lembar kerja ,kita hapus background dengan menggunakan Tool Magic Eraser Tool.
Hapus Background dengan Magic Eraser Tool
Selanjutnya klik di bagian backgroundnya yah,lihat gambar dibawah.
klik icon Eraser pada backgroundnya seperti gambar
 3.       Langkah ke tiga
Kalau sudah selesai menghapus backgroundnya tinggal kita save. Caranya pada file – Save As (Shit + Ctrl + S) – letakan diforder yang kita mau dan jangan lupa ganti format menjadi .PNG – save.
File - Save As -ganti format menjadi .PNG - save

Selesai…. Mudah bukan ? selamat mencoba

Dan ini perbedaan gambar .JPG dan .PNG. Gambar .JPG masih memiliki background putih jika kita svae sedangkan .PNG tidak mempunyai atau transparan ketika di save.




Catatan: Artikel ini pertama kali dipublish di: http://ardhityalingga70.blogspot.com

Cara Mengubah JPG ke PNG Cara Mengubah JPG ke PNG Cara Mengubah JPG ke PNG Cara Mengubah JPG ke PNG Cara Mengubah JPG ke PNG Cara Mengubah JPG ke PNG Cara Mengubah JPG ke PNG

No comments:

Post a Comment

Pages