Cara membuat kamuflase dengan Photoshop CS6


Kamuflase atau penyamaran adalah suatu metode yang memungkinkan sebuah benda yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar. Dan kali ini kita akan membuat contoh kamufalase dengan phothoshop CS6. Sebelumnya kita harus siapkan dua gambar yang akan menjadi objek. Disini sayan menggunakan gambar dinding bata dan muka seorang model. Jika belum punya silahkan cari di Mbah Google yah atau download aja gambar yang saya punya. Tanpa panjang lebar langsung saja kita simak tutorialnya.





1.       Langkah pertama
Yang pertama buka Adobe Photoshop. Kemudian kita buka gambar dinding dan gambar muka wanita. Caranya Pilih File – Open – pilih Gambar (dinding & muka si model) – klik Open. Lihat gambar dibawah.

Open
dan buka muka si model caranya sama dengan diatas



2.       Langkah kedua
Selanjutnya kita ubah Foto menjadi hitam putih. Caranya Pilih Image – Adjustment – Desaturate (Shift + Ctrl + U). Lihat gambar dibawah.

Ubah Hitam Putih

Jika sudah berubah menjadi hitam putih gambarnya,sekarang tinggal kita Copy gambarnya. Caranya Tekan pada Keyboard CTRL + A dan CTRL + C. Lihat gambar dibawah.

Copy Gambar

3.       Langkah ketiga
Kemudian kita Paste kan kedalam gambar dinding. Caranya dengan tekan CTRL + V. sekarang tinggal kita atur ukurannya Tekan CTRL + T (atur sesuka hati) – pilih tanda Centang di pojok kanan atas jika sudah selesai mengatur ukuran. Lihat gambar dibawah.

Atur ukuran gambar

4.       Langkah keempat
Langkah selanjutnya kita aktifkan Quick Mask Mode untuk menyeleksi bagian yang akan dia ambil. Jangan lupa warna Foreground = HitamCaranya klik Quick Mask Mode – Ubah warna Foreground= Hitam – Pilih Brush Tool (atur ukuran di Option bar sesuai kebutuhan ) – Usapkan pada bagian yang diinginkan. Lihat gambar dibawah.

Quick Mask mode

5.       Langkah kelima
Jika sudah selesai melakukan seleksi, Matikan Quick Mask Mode  maka akan muncul hasil seleksi yang di brush,karena hasil seleksi yang kita brush tadi adalah bagian luarnya ,maka kita harus Invert seleksinya. Caranya , klik Quick Mask Mode (maka akan kembali ke mode standard Mode) – Select – Inverse (Shift + CTRL + I). Lihat gambar dibawah.

Inverse


6.       Langkah keenam
Jika langkah diatas selesai maka akan muncul hasil seleksi muka yang kita buat. Selanjutnya kita akan duplikat Layer.Duplikat layer dua kali. Caranya klik pada layer 1 – CTRL + J (dua kali) / klik kanan Duplicate Layer – pada layer 1 kita matikan saja. Lihat gambar dibawah.

Duplikat Layer


7.       Langkah ketujuh
Selanjutnya kita klik kanan pada layer 2 copy – Blending Option.

Blending Option

Maka akan muncul menu Layer Style, dan kita centang Color Overlay – klik warna dan ubah warna menjadi abu-abu dengan kode #747474 – OK – Blend Mode = Clolor Dodge – OK. Lihat gambar dibawah.

Layer Style Menu


Selesai mengatur pada layer Style , masih di Layer 2 copy dan pada Blend Modekita atur menjadi Multiply.

Blend Mode = Multiply

8.       Langkah kedelapan
Sekarang kita pindah ke Layer 2. Pada layer 2 ini kita turunkan Opacity menjadi 20% dan Blend Mode di ganti menjadi Overlay. Lihat gambar dibawah.

Layer 2 , blend Mode = Overlay , Opacity = 20%

9.       Langkah ke Sembilan
Selanjutnya tinggal kita atur cahayanya. Caranya pilih Image – Adjustment – Curves (CTRL + M) – maka akan muncul tab Curves dan atur sesuai kebutuhan – OK. Lihat gambar dibawah.

Atur Curves

10.   Langkah ke sepuluh
Selesai tinggal kita Save saja, Pilih file – Save As – Ubah format gambar = .PNG -  Save.
 
File - Save As

Hasilnya
Hasil

Terima Kasih telah berkunjung ,semoga bermanfaat dan membantu,hehe

Catatan: Artikel ini pertama kali dipublish di: http://ardhityalingga70.blogspot.com

cara membuat kamuflase dengan photoshop cara membuat kamuflase dengan photoshop cara membuat kamuflase dengan photoshop cara membuat kamuflase dengan photoshop cara membuat kamuflase dengan photoshop cara membuat kamuflase dengan photoshop

No comments