Belajar Unity Untuk Pemula - Fungsi Tab Menu Pada Unity


Fungsi Tab Menu Pada Unity - Unity memiliki beberapa tab yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:


Tab Hierarchy
Pada tab ini berfungsi untuk memasukkan object yang akan tampil di game kita



Tab Inspector 
Pada tab ini digunakan untuk mengedit property object yang diklik pada komponen object yang berada di 



Tab Project 
Berisi semua bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam pembuatan game kita, dibagian ini sebagai tempat berbagai macam bentuk komponen seperti Folder, Animasi, Script, Image, Object3D, Assets, Material, dan masih banyak lagi



Tab Console
Pada bagian ini adalah tempat penampilan pesan error dalam project kita, tapi paling sering terjadi pesan error saat pembuatan Script yang tidak dikenali oleh System atau kesalahan-kesalahan dalam pembuatan script




Tab Scene
ini berisi ruangan / tempat dimana kita meletakan komponen seperti Camera, Terrain, Object, dll. Pada Tab ini kita melakukan penempatan atau pengerjaan game secara keseluruhan dengan object yang bearada di Tab Assets




Tab Game
Ini sebagai tempat Game di uji coba, dimana kita bisa menjalankannya dengan mengklik tombol Play




File
  *New Scene : Untuk membuat tempat penyimpanan adegan game
  *Open Scene : Untuk membuka penyimpanan adegan game yang telah ada
  *Save Scene : Untuk Menyimpan adegan game
  *New Scene As : Untuk membuat adegan game dengan tema/nama yang baru
  *New Project : Untuk membuat proyek game baru
  *Open Project : Untuk Membuka proyek game yang telah ada
  *Save Project : Untuk menyimpan proyek game
  *Build Setting : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan
  *Build and Run : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan lalu menjalankannya
  *Build in Clould : menjadikan game dengan pergi ke WEB Unity3d
  *Exit : Untuk keluar dari Unity

Edit 
  *Undo : Digunakan Untuk Membatalkan perintah
  *Rendo : Digunakan Untuk Kembali dari Pembatalan perintah
  *Cut : Digunakan Untuk Memindahkan Object di satu tempat ke tempat lain
  *Copy : Digunakan Untuk Menyalin Object dari satu tempat ke tempat lain
  *Duplicate : Digunakan Untuk Menggandakan Object
  *Delete : Digunakan Untuk Menghapus Object 
  *Frame Selected : Digunakan Untuk Memilih Kerangka Object
  *Lock View to Selected : Digunakan Untuk Mengunci Object yang dipilih
  *Find  : Digunakan Untuk Mencari Object dengan cepat
  *Sellect All : Digunakan Untuk Memilih semua Object
  *Preferences : Digunakan Untuk Mengatur Komponen Eksternal
  *Modules : Digunakan Untuk Memilih tipe perangkat Build
  *Play : Digunakan Untuk Memulai Game
  *Pause : Digunakan Untuk Menghentikan Sementara Game saat sedang berjalan
  *Step : Digunakan Untuk Melanjutkan ke Scene berikutnya
  *Selection : Digunakan Untuk Menyimpan Menyimpan & Memuat Pilihan 
  *Project Settings : Berisi Pengaturan Pembuatan Game, Seperti Audio, Graphic, Player, Quality, Jaringan, 
  *Network Emulation  : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Jaringan
  *Graphics Emulation : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Grafik Game
  *Snap Settings  : Digunakan Untuk Mengatur Snap Dalam Game

Assets
  *Create : Digunakan untuk Membuat Assets baru
  *Show in Explorer : Untuk Menampilkan Folder yang berisi semua project yang sedang kita buat di Partisi komputer
  *Open : untuk Membuka Assets
  *Delete : Untuk Menghapus Assets
  *Import New Assets : Digunakan Untuk Mengambil Assets dari drive
  *Import Package : Mengambil Assets yang telah ada dalam Unity3D
  *Eksport Package : Menyimpan Assets di dalam Drive
  *Find References In Scene : Digunakan Untuk Mencari Scene dengan cepat
  *Select Defendecies : Digunakan Untuk Memilih Defendecies
  *Refresh : Untuk Menyegarkan/Mengatur Ulang Assets yang berantakan
  *Reimport : Untuk Membatalkan satu Assets yang telah di import 
  *Reimport All : Untuk Membatalkan semua Assets yang telah di import 
  *Run API Updater : Untuk Memulai API Updater
  *Sync MonoDevelop Project : Digunakan Untuk Membuka MonoDevelop-Unity

Game Object
*Create Empty : Untuk membuat game object baru
*Create Empty Child : Digunakan untuk membuat game object baru yang masih kosong
*3D Object  : Digunakan untuk menambahkan model 3D
*2D Object : Digunakan untuk menambahkan model 2D
*Light : Digunakan untuk menambahkan efek cahaya
*Audio : Digunakan untuk menambahkan suara
*UI : Digunakan untuk menambahkan pelengkap game, seperti teks, button, dll
*Particle System : Digunakan untuk menambahkan efek gas dari object
*Camera : Digunakan untuk menambahkan camera baru
*Center On Children : Digunakan untuk membuat object menjadi rata tengah
*Make Parent  : Digunakan untuk membuat parent
*clear Parent  : Digunakan untuk menghapus parent
*Apply Changes To Prefab : Digunakan untuk mennyimpan pengaturan di prefab
*Break Prefab Instance  : Digunakan untuk berhenti melihat prefab
*Set as firs sibling  : Digunakan untuk menyimpan saat penambahan object pertama
*Set as last sibling  : Digunakan untuk menyimpan saat penambahan object yang lalu
*Move to View  : Digunakan untuk memindahkan penglihatan object menjadi tampil dari depan
*Align With View : Digunakan untuk memindahkan penglihatan object menjadi tampil dari belakang
*Align With to selected  : Digunakan untuk membuat arah kamera mengikuti arah penglihatan object
*Toggle Active State : Digunakan untuk menyembunyikan object dari penglihatan


Component
*Add : Untuk menambahkan komponen dari tab inspector untuk object yang dipilih, aktif saat ada object yang dipilih
*Mesh : Untuk menambahkan komponen mesh pada object
*Effects : Untuk menambahkan Efek pada object
*Physics : Untuk menambahkan komponen fisik pada object 3D 
*Physics 2D : Untuk menambahkan komponen fisik pada object 3D
*Navigation : Untuk menambahkan komponen 
*Audio : Untuk menambahkan komponen suara/efek suara pada object yang dipilih
*Randering :  Untuk menambahkan komponen randering
*Layout : Untuk mengatur layout dalam object
*Miscellaneous : Untuk menambahkan komponen pengeditan animasi
*Event : Untuk menambahkan komponen
*UI : Untuk menambahkan komponen
*Script : Untuk menambahkan script pada object yang dipilih


Catatan: Artikel ini pertama kali diposting di: http://belajar-unity3d.blogspot.com


No comments