Breaking

Tuesday, January 22, 2019

Unity 3D Game Models


Unity 3D Game Models - Model 3D merupakan kunci utama dalam proses pembuatan game 3D. File jenis ini hanya dapat dibuat oleh software grafis 3D seperti 3D Max Studio, Poser, Maya atau Blender. Terkait dengan masalah kompatibiltas dan lisensi dari berbagai software tersebut, Model 3D yang didukung oleh Unity adalah yang berekstensi *.FBX yang merupakan format standar Model 3D.

Secara umum terdapat 4 tahap utama untuk menyiapkan Model 3D yang dapat digunakan sebagai karakter dalam game yaitu Modelling, Rigging, Texturing dan Animating. Dalam proses pembuatan Model 3D ini, tidak ada tahap Rendering seperti pada tahap pembuatan film animasi karena seluruh Model 3D akan dirender oleh Unity secara real time.

Modelling



Modelling bisa didefinisikan sebagai proses pembuatan model menggunakan aplikasi grafis 3D. Model 3D (disebut juga Mesh) terdiri dari polygon-polygon yang disusun sedemikian rupa untuk membentuk objek 3D atau karakter humanoid. Khusus untuk model karakter humanoid, Model 3D umumnya dibentuk dalam T-Pose, yaitu sebuah pose khusus berbemtuk huruf T yang ditujukan untuk memudahkan proses Rigging atau pemberian tulang.

Rigging



Rigging bisa didefinisikan sebagai proses pemberian tulang (bone) pada Model 3D atau Mesh. Tidak ada standar resmi mengenai struktur pemberian bone, namun untuk lebih memudahkan animator dalam melakukan animasi, struktur pemberian bone pada Model 3D, khususnya yang berjenis humanoid, mengikuti struktur anatomi manusia dengan titik pusat utama pada pangkal paha (hip).

Texturing



Texturing bisa didefinisikan sebagai proses pemberian tekstur pada Model 3D agar pada Model 3D terlihat lebih menarik. Dari sekian banyak teknik pemberian tekstur pada mesh, teknik proyeksi UV Map merupakan yang paling sering digunakan. Karena teknik ini akan membuat set Model 3D jauh lebih ringan dan terstruktur.

Adapun salah satu contoh bentuk file UV Map yang digunakan pada karakter adalah sebagai berikut.



Animating

Animating bisa didefinisikan sebagai proses menggerakan Model 3D mengikuti pose tertentu, pada posisi tertentu dan waktu tertentu. Perbedaan mendasar antara proses animasi pada game dan film animasi terletak pada hasil akhirnya. Jika pada film animasi hasilnya berupa file berekstensi *.mp4 (atau format film semacamnya). Maka pada game hasil animasi berupa file berekstensi *.fbx yang didalamnya terdapat satu atau beberapa pose animasi yang bisa dipanggil sewaktu dibutuhkan.



Itu sebabnya dalam pembuatan game sangat disarankan bagi seorang designer untuk melakukan membuat daftar rinci tentang animasi apa saja yang akan dimiliki oleh karakter utama atau musuhnya. Animasi umum yang biasanya dimiliki oleh karakter game adalah Idle, Walk, dan Run.



Import Model 3D Pada Unity

Unity mendukung Model 3D berekstensi *.fbx. Sehingga sangat disarankan jika anda mengekspor Model 3D anda ke dalam format ini. Unity memperlakukan Model 3D seperti layaknya asset-asset yang lain. Jadi anda dapat memasukkan Model 3D ke dalam Unity dengan cara mengakses menu Assets > Import New Asset atau dengan melakukan drag-drop file asset langsung dari Window Explorer ke Project Window.

Secara umum terdapat 4 tab utama yang perlu anda perhatikan untuk melakukan konfigurasi Model 3D di dalam Unity yaitu tab Model, Rig, Animation dan Material.

Tab Model



Tab Model berisi seluruh informasi dasar tentang objek yang diimport seperti Scale Factor, Mesh Compression, Colliders, Normal Map, dan mode Read/Write.

Tab Rig



Tab Rig merupakan salah satu tab yang terpenting karena tab inilah yang mengatur jenis animasi yang dapat dijalankan oleh Model 3D yang telah diimport. Ada 3 jenis Rig yang didukung oleh Unity yaitu Legacy, Generic dan Humanoid. Masing-masing jenis Rig akan mempengaruhi jenis animasi yang dijalankan. 


Tab Animation



Tab Animation merupakan tab preview untuk melihat seluruh animasi yang dimiliki oleh Model 3D. Tab ini juga dapat digunakan untuk mengedit keyframe animasi dan mengaktifkan mode Loop untuk animasi tertentu.

Tab Materials



Tab Material mengatur segala informasi tentang material default yang diimport bersamaan dengan Model 3D. Dalam kasus khusus, Unity dapat mengganti ulang material ini dengan format yang didukung oleh Unity.



game model unity3d
unity 2d game 3d models
unity 3d model 2d game
unity game 3d fighting
unity 3d model in 2d game
unity 2d game with 3d models
unity 3d game models
unity use 3d model in 2d game
game model unity3d
unity 2d game 3d models
unity 3d model 2d game
unity game 3d fighting
unity 3d model in 2d game
unity 2d game with 3d models
unity 3d game models
unity use 3d model in 2d game
game model unity3d
unity 2d game 3d models
unity 3d model 2d game
unity game 3d fighting
unity 3d model in 2d game
unity 2d game with 3d models
unity 3d game models
unity use 3d model in 2d game

1 comment:

  1. Hire the professional 3D game developers who will help you for working at the unity games projects. If you are interested in playing 3D games Unity Developers will provide the assistance according to the projects.

    ReplyDelete

Pages