Breaking News

Inilah 3 Elemen Fundamental Game Engine Unity



Elemen Fundamental Unity - Secara umum Unity memiliki 3 elemen dasar yang wajib dipahami oleh penggunannya. Ketiga elemen itu adalah Project, Scene dan GameObject. Ketiganya berelasi seperti halnya percabangan dalam sebuah pohon. Satu Project bisa terdiri dari beberapa Scene, dan satu Scene bisa terdiri dari beberapa GameObject.

Memahami Project

Unity memiliki 2 jenis tipe proyek yaitu 2D dan 3D. Selain terkait dengan masalah perspektif, perbedaan dari kedua jenis proyek ini juga terletak dari jenis kompresi gambar yang digunakan. Untuk dapat memilih antara proyek 2D atau 3D, anda cukup klik pada checkbox yang muncul pada Unity Project Screen.



Dalam pengembangan proyek 3D, anda dapat melihat GameObject yang terdapat pada Scene dalam360 derajat.

Selain menggunakan gizmo penanda koordinat 3D (X,Y,Z), anda juga dapat menggunakan mouse untuk mengeksplorasi dunia 3D dan melihat GameObject dari sudut pandang yang berbeda.



Sementara dalam pengembangan proyek 2D, anda hanya dapat melihat GameObject dalam koordinat 2D (X,Y).



Pada umumnya struktur Project Unity yang tersimpan terdiri dari 5 folder utama yaitu Assets, Library, ProjectSettings, Temp dan UnityPackageManager. Ada pun folder-folder ini dapat bertambah jika anda menginstall package/plugin baru pada Unity.

Memahami Scene

Scene adalah representasi salah satu level dari proyek yang akan anda bangun. Sehingga menyimpan Scene merupakan langkah penting untuk memastikan hasil kerja anda tidak rusak/hilang. Proses penyimpanan Scene dapat dilakukan dengan mengakses menu File >> Save Scene.



Tidak ada standar khusus dalam Unity mengenai struktur penyimpanan dalam project. Namun untuk kemudahan pencarian, sebaiknya seluruh Assets dalam Unity, termasuk Scene, disimpan berdasarkan folder tertentu.

Memahami GameObject

GameObject adalah semua objek yang dipasang di dalam sebuah Scene baik berupa objek 3D maupun 2D. Secara default, setiap GameObject memiliki 1 buah komponen Transform yang menjadi indikator bentuk dan posisi GameObject tersebut di dalam Scene. Indikator tersebut adalah Position, Rotation dan Scale.



Untuk pembuatan game 3D, Unity memiliki beberapa GameObject dasar seperti Cube, Sphere, Capsule, Cylinder, Plane dan Quad yang bisa digunakan sebagai template atau dummy objek sebelum anda menggunakan model/objek yang asli.

Sementara untuk pembuatan game 2D, Unity memiliki satu GameObject khusus yaitu Sprite yang bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis objek 2D mulai seperti Background, Karakter dan SFX. Istilah Sprite sendiri adalah istilah yang umum digunakan untuk menyebut objek 2D dalam pengembangan game.



Dalam versi Unity, seluruh GameObject 2D biasanya dipasangkan pada GameObject Canvas. Selain memiliki mekanisme anchor dan perhitungan skala dan resolusi game, GameObject Canvas dirender secara terpisah dan selalu berada di layer terdepan game yang akan dibangun. 

Secara default, GameObject 3D memiliki berbagai komponen dasar. Yang paling utama adalah komponen Transform yang berfungsi untuk mengatur posisi, skala dan rotasi. Selain itu, GameObject 3D juga memiliki 2 komponen lainnya yang terkait dengan kebutuhan visual dan interaktif.

Komponen yang pertama adalah komponen Mesh Renderer yang berfungsi untuk memberikan warna, gambar atau tekstur pada GameObject. Komponen ini berkaitan dengan assets Material yang dibuat secara manual pada Project Windows.



Sementara komponen yang kedua adalah Collider yang berfungsi untuk menjadi batas/penanda dalam pembuatan mekanisme interaktif. Komponen inilah sebenarnya yang digunakan oleh Unity untuk mendeteksi ada/tidaknya tabrakan di antara 2 objek.



Dalam kasus interaksi antara dua objek, misalnya tumbukan atau tabrakan dua objek atau lebih, dua komponen bekerja secara simultan. Mesh Renderer diperlukan oleh mata manusia untuk memahami realisme dalam game, Sementara Collider bertugas untuk melakukan perhitungan terkait dengan mekanisme tabrakan di dunia 3D.

Seperti halnya GameObject 3D, GameObject 2D pun memiliki komponen Transform. Namun khusus untuk GameObject 2D, koordinat yang di gunakan terbatas pada koordinat 2D dan umumnya memiliki offset dengan perhitungan tertentu dengan Canvas dan resolusi game yang akan dibangun.

Selain dapat digunakan untuk membangun game 2D, GameObject 2D umumnya juga digunakan untuk membangun User Interface (UI) seperti Button, Combobox, Option, Slider dan Image.



Jadi sebelum anda berpikir untuk membuat sebuah game yang super keren dan mencengangkan banyak orang, pastikan anda memahami elemen fundamental Unity terlebih dahulu. 





gameobject unity c#
gameobject unity api
gameobject unity position
gameobject unity script
gameobject unity destroy
gameobject unity find
gameobject unity active
gameobject unity reference
gameobject unity add
gameobject unity activate
unity gameobject alpha
unity gameobject add child
unity gameobject activeself
gameobject array unity c#
gameobject array unity
destroy a gameobject unity
move a gameobject unity
rotate a gameobject unity
disable a gameobject unity
instantiate a gameobject unity
hide a gameobject unity
enable a gameobject unity
create a gameobject unity
get a gameobject unity
clone a gameobject unity
unity gameobject bounds
unity gameobject by name
unity gameobject button
unity gameobject by tag
unity gameobject by id
get gameobject unity by name
find gameobject unity by name
unity gameobject find by tag
get child gameobject unity by name
unity gameobject has been destroyed but you are still trying to access it
gameobject unity color
gameobject unity compare
unity gameobject clone
unity gameobject click
unity gameobject copy
unity gameobject change color
unity gameobject disable
unity gameobject destroy self
unity gameobject delete
unity gameobject deactivate
unity gameobject duplicate
unity gameobject does not exist in the current context
unity gameobject distance
unity gameobject drag
unity gameobject enabled
unity gameobject enable
enable game object unity
unity gameobject event trigger
unity gameobject empty
unity gameobject enable script
gameobject en unity
unity gameobject export
unity object emit light
unity object export
unity gameobject find child
unity gameobject find inactive
unity gameobject.findgameobjectswithtag
unity gameobject follow mouse
unity gameobject find with tag
unity gameobject.findobjectoftype
gameobject unity get
unity gameobject getcomponent
unity gameobject get child
unity gameobject get parent
getcomponent gameobject unity
unity gameobject get position
unity gameobject get child by name
unity gameobject get active
unity gameobject get script
unity gameobject get material
unity gameobject height
unity gameobject highlight
unity gameobject hide show
unity gameobject hidden
unity3d gameobject hide
get gameobject height unity
unity gameobject find hidden
unity gameobject find hierarchy
gameobject unity invisible
unity gameobject instantiate
unity gameobject is active
unity gameobject id
gameobject in unity
unity gameobject is null
unity gameobject instantiate prefab
unity gameobject is visible
unity gameobject initialize
unity gameobject is enabled
gameobject unity javascript
unity gameobject jump
unity gameobject json
unity gameobject joints
unity3d gameobject jump
destroy gameobject unity javascript
gameobject array unity javascript

No comments