Breaking News

Cara Mengubah Karakter Max ke Obj Menggunakan 3DMax



Cara Mengubah Karakter Max ke Obj Menggunakan 3DMax - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial singkat untuk melakukan konversi karakter berekstensi .max ke obj menggunakan 3D Max. Karakter tersebut nantinya akan dirigging secara otomatis menggunakan Mixamo dan digunakan sebagai karakter game dalam lingkungan Unity 3D. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Tahap Konversi Karakter 3DMax Ke Obj

Pastikan anda telah mendownload file karakter dalam ekstensi .max dan seluruh teksturnya (bisa dalam bentuk bmp/jpg)



Buka aplikasi 3DS Max



Pilih menu Open



Kemudian buka file .max yang akan dikonvert



Pilih menu File > Export



Cari pilihan ekstensi *.OBJ



Klik Save lalu klik Export



Jika ada dialog konfirmasi lanjutan klik saja Skip



Jika tidak ada kesalahan maka hasil akhir dari proses export itu adalah 2 file obj dan mtl. Kita hanya akan menggunakan file obj nya saja.



Tahap Hapus Objek Lain (Jika Ada)

Khusus untuk karakter yang menggunakan senjata, anda perlu menghapus senjatanya terlebih dahulu sebelum diupload ke Mixamo. Anda bisa menggunakan Blender untuk keperluan ini



Import karakter obj pada Blender



Klik kanan pada senjata yang akan dihilangkan



Tekan X dan pilih Delete



Eit, belum selesai, langkah paling penting adalah anda perlu mengatur pivot utama di titik pusat karakter dengan menekan menu Ctrl+Alt+Shift+C



Pilih menu Origin To Geometry



Nah, jika titik pusat sudah ada di tengah seperti ini, kemungkinan besar proses konversinya sudah selesai.



Selanjutnya export ulang karakter ke format obj



Sebaiknya gunakan nama lain, jangan timpa hasil export awal dari 3DMax



Lakukan hal yang sama dengan objek senjata.



Sehingga hasilnya anda akan memiliki 3 model, karakter+senjata, karakternya saja dan senjatanya saja



Tahap Rigging Menggunakan Mixamo

Langkah selanjutnya adalah melakukan rigging otomatis menggunakan Mixamo. Anda tinggal upload karakternya dan tentukan 8 titik pivot untuk auto-rigging.

Catatan: Untuk karakter yang menggunakan rok, ada kemungkinan terjadi kegagalan dalam proses rigging karena kesalahan penentuan titik Groin



Catatan: Untuk mengatasinya anda bisa menghapus bagian depan rok, dan pastikan karakternya terlihat "seperti memakai celana". Coba anda perhatikan 2 gambar di atas dan di bawah. Apakah perbedaannya?



Jika tidak ada kesalahan dalam proses rigging maka hasilnya adalah seperti ini. Karakter anda siap beranimasi di Mixamo.



Selanjutnya tinggal export saja dalam format FBX for Unity



Tahap Integrasi Karakter Di Unity

Langkah terakhir adalah melakukan integrasi karakter di Unity. Pastikan anda membuat struktur folder seperti berikut:

{Folder} : Nama Karakter
      {Animations}
      {Prefabs}
      {Texture}
      {TposeModel}



Masukan seluruh model awal ke dalam {TPoseModel}. Model awal di sini adalah model hasil konversi 3DMax atau Blender.



Selanjutnya masukkan seluruh gambar pada folder Texture



Dan masukan file FBX hasil konversi dari Mixamo ke dalam folder Animations



Lakukan texturing terhadap karakter. Caranya?

I have GameObject, 
I have a texture, Eugh! 



GameObject Texture!



Setelah berhasil dipasangin texture, jangan lupa untuk menjadikan objek ini sebagai Prefab/Original Prefab agar mudah digunakan dikemudian hari.



Lakukan hal yang sama untuk objek senjata



Dan jadikan juga senjata sebagai prefab.



Untuk memasangkan senjata pada karakter, pastikan anda mencari struktur tulang yang tepat pada karakter. Misal, dalam contoh ini pedang akan dipasang di tangan kanan, jadi temukan node mixamorig::RightHand dan pasang pedang tersebut sebagai child dari GameObjectnya



Selanjutnya buat sebuat Animator Controller dan berikan 1 animasi idle sebagai default



Jangan lupa aktifka loop pose di tab Animation



Play Unity, dan jika tidak ada kesalahan maka karakter anda sudah memiliki animasi + senjata serta siap digunakan sebagai karakter dalam game




No comments