Breaking News

The Guardian: Game Keren Karya Anak Bangsa!


Game The Guardian - Dalam rangkaian Game The Guardian terdapat total 4 game yang telah berhasil dibuat yaitu game AR (Augmented Reality), AR Battle, Game Mobile dan Game PC. Sebelum menjelaskan lebih detail dari masing masing Game, yuk kita kenalan sama Team Play&Learn

Apa itu Play&Learn ? Play and Learn atau yang biasa disingkat dengan P&L adalah Team yang membuat semua rangkaian dari game The Guardian. Seperti namanya Play and learn, team ini berharap dalam proses pembuatan game mereka dapat dengan nyaman bermain sambil belajar.

Terdiri dari 3 anggota dari Program studi S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Universitas Telkom yaitu Faisal Kusuma Aji sebagai Leader sekaligus memegang peran dan tanggung jawab pada karakter  Arok, lalu member 1 ada  Kiki Ismawan  sebagai Programmer, Game designer dan pemegang karakter panglima Ken, dan yang terakhir member 2 yaitu Hanifah Triari Husna sebagai Asset Manager dan pemegang karakter putri Inara. Selain jobdesk yang tadi disebutkan semua anggota ikut andil dalam pembuatan cutscene game 2D yang mana cutscene tersebut digunakan untuk game mobile dan juga game PC.



Game Story:
Disebuah pulau kecil bernama Idpelago, terdapat sebuah desa yaitu Desa Nawari. Desa tersebut dipimpin oleh Seorang Raja yang dipilih berdasarkan garis keturunan raja sebelumnya.Desa Nawari aman dan damai hingga kelahiran Putri Inara, Putri sulung sang raja. Kondisi desa pun berubah setelah Redhok tahu bahwa Ratu telah melahirkan seorang putri, Redhok sudah lama mengincar jangtung dari keturunan raja Nawari demi memenuhi syarat untuk melaksanakan upacara yang dapat memberikannya kekuataan dan keabadian.

Diceritakan Redhok adalah monster yang sangat kuat yang memiliki banyak pasukan, bersama dengan pasukannya Redhok Menyerang desa demi mendapatkan putri Inara yang masih bayi. Tetapi hal itu dapat digagalkan oleh para penduduk desa yang dipimpin langsung oleh raja. Redhok pun terluka dan pasukannya banyak yang terbunuh hingga memaksanya untuk mundur. Di sisi lain raja dan ratu Nawari Tewas dalam peperangan tersebut.

Delapan belas tahun berlalu setelah kepergian Raja dan Ratu, desa nawaripun kembali aman dan damai seperti sedia kala berkat perlindungan dari Panglima ken yang dibantu oleh kesatria Arok, Putri Inara tumbuh besar menjadi seorang putri yang mandiri, Tegas dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya untuk meminpin desa.Namun Redhok tidak akan tinggal diam, selama ini dia ternyata mengumpulkan lebih banyak pasukan. Redhok dan pasukannya menyerangkan kembali desadan sangat disayangkan dia berhasil membawa dan menahan putri di markas nya.

Setelah kembali menjalankan tugas diluar pulau, panglima Ken sangat terkejut melihat desa yang sudah porak poranda akibat serangan Redhok, iapun mengetahui bahwa putri telah diculik. Dengan diculiknya sang putri, panglima ken dan Arok mempunyai tugas besar yaitu mengalahkan Redhock dan pasukannya untuk menyelamatkan sang putri dan membawanya kembali ke Desa.

Video Trailer

Berikut adalah karakter utama game The Guardian yaitu Putri Inara, Panglima Ken dan Arok



Mata kuliah pemrograman Game Lanjut (semester 5) merupakan mata kuliah lanjutan dari pemrograman game dasar (semester4) sehingga alur game juga melanjutkan darii game yang telah dibuat di semester 4. Terdiri dari 3 level yaitu level 1 adalah Game PC 3D (di semester 4) , level 2 adalah Game Mobile 3D, dan level 3 adalah Game PC Dota 3D. Sehingga cerita game dari level 1 sampai dengan level 3 saling bersambung dan terkait.

Screenshot Game

Berikut beberapa screen shot Game The Guardian








Video Testimoni

Disclaimer: Game The Guardian merupakan prototipe game yang tidak pernah diluncurkan kepada publik dan hanya pernah diuji di lingkungan Telkom University. Seluruh porsi dalam artikel di atas merupakan bagian dari proses edukasi dan telah dimodifikasi sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. 

1 comment: