Pengin Jadi Penulis? Simak 9 Tips Menulis Fiksi Fantasi Ini! - IMedia9 - Connecting Inspiration

Breaking

Saturday, September 29, 2018

Pengin Jadi Penulis? Simak 9 Tips Menulis Fiksi Fantasi Ini!


Saya bergabung dengan wattpad di bulan April 2010 atas rekomendasi seorang teman. Saat itu saya menulis di wattpad Inggris, dan sama sekali tidak tahu jika pengaturan bahasa di setting akun saya akan membawa saya ke wattpad yang sepenuhnya berbeda. 

Selama aktif menulis di Wattpad, saya mendapat banyak pertanyaan dari pembaca saya. Saat itu namanya masih fans dan bukan followers. Untuk menjawab pertanyaan yang nyaris mirip dan selalu berulang-ulang tersebut, saya mencoba merangkum dan mengemasnya ke dalam sembilan tips tentang kepenulisan, khususnya di dunia fiksi fantasi. Sembilan tips ini sebenarnya sudah berumur lebih dari enam tahun, dan saya yang menulis sembilan tips ini rasanya juga bukanlah lagi orang yang sama seperti beberapa tahun lalu.

Meski demikian, saya tetap mencoba membagikan sepuluh tips ini karena siapa tahu, beberapa di antaranya masih relevan bisa bermanfaat bagi anda semua. Sepuluh tips ini pada awalnya saya bagikan via Wattpad, dan tidak ada salahnya jika kali ini saya bagikan pula khusus untuk pembaca IMedia9.net. 

#1 Tulislah cerita yang kalian sendiri, sebagai penulis, ingin baca.


Jika seorang penulis tak menyukai karyanya sendiri, bagaimana ia dapat meyakinkan orang lain kalau cerita yang dibuatnya adalah cerita yang bagus? Cintai karya kalian! 

#2 Jadilah pembaca yang baik.


Untuk membuat tulisan yang bagus, kita haruslah terlebih dahulu menjadi pembaca yang baik. Belajarlah sebanyak mungkin dari karya penulis-penulis atau pengarang-pengarang yang sudah terlebih dahulu menelurkan karya mereka. Serap sebanyak mungkin ilmu yang kalian temukan dari membaca, dan gunakan ilmu itu untuk menciptakan karya yang baru. Pelajari gaya kepenulisan setiap penulis dan perkaya kosa kata kalian. Percayalah, suatu saat, apa yang kalian baca pasti akan membantu kalian dalam menyampaikan cerita yang baru. 

#3 Rajin-rajinlah mendengar.


Ide ada di mana saja, bahkan dalam percakapan orang asing di samping kita, atau bahkan lagu dan puisi yang kita dengarkan. Ide bahkan muncul saat kita mendengarkan guru atau dosen yang berbicara di depan kelas. Kumpulkan dan simpan semua ide ini. Yakinlah, suatu saat--saat kalian mungkin tak menduganya--ide-ide ini mungkin akan menjadi awal atau bahkan dasar dari cerita kalian. 

#4 Jangan takut dikritik.


Kritik bukanlah suatu penghalang. Kritik adalah batu lompatan. Belajar sebanyak mungkin dari kritik pembaca kalian, tentukan apa yang perlu kita ubah dan apa yang harus kita pertahankan. Kritik belum tentu benar, tapi kritik adalah pandangan pembaca terhadap karya kita jadi belajarlah dari mereka dan lihat apakah yang mereka sampaikan sesuai dengan keinginan kita, atau mungkin mereka hanya sekedar salah memahami karya kita. Jika memang mereka salah memahami karya kita, pelajarilah alasan yang menyebabkan kesalah pahaman itu.  

#5 Jangan pernah takut gagal.


Akan selalu tiba saatnya di mana karya kita dihina orang, saat di mana karya kita ditolak, dan bahkan saat di mana kita benar-benar tidak tahu bagaimana cara melanjutkan cerita kita atau bahkan saat kita menyadari bahwa, bagi diri kita sendiri, cerita kita tak lebih dari seonggok sampah. Ingatlah selalu, kalian bukanlah orang pertama yang menghadapi kegagalan, dan bukan juga orang terakhir. Kegagalan akan selalu ada, tapi yang harus kita ketahui adalah, bagaimana cara menanggulangi kegagalan ini. Selalu percaya bahwa ini bukanlah akhir segalanya, dan selalu bersedia untuk mulai dari awal.   

#6 Selalu perhatikan bahasa yang digunakan.


Bukan hanya pada tulisan kalian, tapi pada setiap hal yang kalian baca. Selalu baca ulang karya kalian dan lihat apakah kalian sendiri dapat memahami gaya bahasa kalian. Perhatikan juga gaya bahasa orang lain, selain untuk belajar, tapi juga untuk mencatat kesalahan apa yang kalian sadari telah dilakukan orang tersebut, dan belajar untuk tidak melakukan kesalahn tersebut. Bahasa adalah senjata kalian! Konsistensi pada penggunaan gaya bahasa akan sangat membantu dalam menarik perhatian pembaca. 

#7 Klarifikasilah istilah yang ingin kita gunakan dalam cerita.


Pengklarifikasian istilah tidak hanya berfungsi untuk mencegah kita terlihat bodoh dihadapan pembaca, tapi juga membantu kita dalam menghadapi pertanyaan yang mungkin muncul dari pembaca yang tidak memahami kata yang kita gunakan. Pengklarifikasian istilah tidaklah terbatas sekedar pada mengetahui arti dari kata itu, tapi juga memahami fungsi dan peran kata itu dalam suatu kalimat. Penulis mungkin akan tergoda untuk menggunakan kata asing yang terdengar keren dalam cerita, tapi ingatlah jika kalian tidak memahami fungsi dan peran kata tersebut dalam suatu kalimat, kalian tetap akan terlihat bodoh di hadapan pembaca yang lebih memahami kata yang kalian gunakan.  

#8 Jangan pernah mencontek atau bahkan menyalin karya orang lain.


Tak ada yang baru di bawah matahari. Semua karya yang ada di dunia sebagian besar adalah daur ulang karya lain yang mendahuluinya, tapi ini sama sekali bukan berarti seseorang diperbolehkan menyalin atau mencontek karya orang lain. Temukanlah cerita kalian sendiri! Cerita yang diciptakan berdasarkan jiplakan karya orang lain lama kelamaan akan terasa mentah dan kehilangan kehidupannya. Terutama karena cerita tersebut bukanlah cerita yang datang dari diri kalian sehingga kalian kehilangan arah dalam mengembangkannya. Temukan sendiri ide kalian dan kembangkanlah menjadi cerita baru yang jelas lebih menarik. 

#9 Jangan pernah berhenti belajar.


Sesuatu yang saya pelajari dari masa belajar saya di dunia kedokteran adalah, ilmu selalu berkembang, dan kita, sebagai manusia, tak boleh berhenti belajar. Belajarlah dari segala sesuatu, dan belajarlah tentang segala sesuatu. Perdalam ilmu kalian, lakukan penelitian terhadap ide yang ingin kalian kembangkan, buatlah seolah-olah kalian adalah orang terahli dalam bidang yang kalian tulis.
Kutipan yang sampai sekarang saya sukai dan tak pernah akan saya lupakan adalah, "Life is a book. Everyday has a new page. With adventures to tell, things to learn and tales to remember--Kehidupan adalah sebuah buku. Setiap harinya memiliki halaman yang baru, dengan petualangan untuk disampaikan, sesuatu untuk dipelajari dan cerita untuk diingat. "

Cerita yang bagus lahir dari pengalaman pribadi. Baik dari pengalaman yang secara pribadi kita alami dalam kehidupan kita sehari-hari, atau bahkan pengalaman yang kita dapatkan dari segala sesuatu yang kita baca, lihat atau dengar. Renungkan semua pengalaman itu, belajar dari pengalaman tersebut, dan kenang mereka. Pengalaman inilah yang nantinya akan memberi nyawa pada tulisan kalian. 



tips menulis
tips menulis novel
tips menulis karangan
tips menulis cerpen
tips menulis artikel
tips menulis essay
tips menulis karangan spm
tips menulis blog
tips menulis buku
tips menulis puisi
tips menulis artikel ilmiah
tips menulis abstrak
tips menulis artikel untuk pemula
tips menulis ala tere liye
tips menulis artikel seo
tips menulis artikel blog
tips menulis atas kek
tips menulis berita
tips menulis bagi pemula
tips menulis biografi
tips menulis blog yang menarik
tips menulis bahasa inggris
tips menulis bio instagram
tips menulis blog untuk pemula
tips menulis buku best seller
tips menulis copywriting
tips menulis cerita anak
tips menulis cerita fantasi
tips menulis caption instagram
tips menulis cepat
tips menulis cerita misteri
tips menulis deskripsi diri
tips menulis di wattpad
tips menulis di blog
tips menulis diary
tips menulis disertasi
tips menulis di idn times
tips menulis di facebook
tips menulis di uc news
tips menulis dialog dalam novel
tips menulis essay beasiswa
tips menulis essay chevening
tips menulis essay lpdp
tips menulis essay lomba
tips menulis essay beasiswa unggulan
tips menulis ebook
tips menulis email
tips menulis essay english
ebook tips menulis
tips menulis fiksi
tips menulis flash fiction
tips menulis features
tips menulis fanfiction
tips menulis fantasi
tips menulis fanfic
tips menulis fiksi fantasi
tips menulis berita feature
tips menulis gratis
tips menulis pkm gt
tips menulis seno gumira
tips agar anak gemar menulis
tips menulis huruf arab
tips menulis headline
tips menulis horor
tips menulis humor
tips menulis hebat
tips menulis huruf sambung
tips menulis hangul
tips menulis novel ala habiburrahman
tips menulis cerita horor
tips menulis iklan di facebook
tips menulis ielts
tips menulis impian
tips menulis ijazah
tips menulis indah dan rapi
tips menulis indah
tips menulis iklan
tips menulis ilmiah
tips menulis idn times
tips menulis jurnal
tips menulis jawi
tips menulis judul
tips menulis jk rowling
tips menulis jurnal yang baik
tips menulis jurnalistik
tips menulis judul artikel
tips menulis judul skripsi
tips menulis j.k rowling
tips menulis karangan bahasa inggeris
tips menulis karangan bahasa arab
tips menulis karangan stpm
tips menulis karangan cemerlang spm
tips menulis lagu
tips menulis lamaran pekerjaan
tips menulis lirik rap
tips menulis latar belakang
tips menulis laporan
tips menulis latar belakang skripsi
tips menulis literature review
tips menulis lagu rohani

No comments:

Post a Comment