Breaking News

Rasis? Inilah Alasan Kontroversi J.K Rowling Memilih Claudia Kim Sebagai Nagini!



Fans "Harry Potter" mendapat kejutan besar saat Warner Bros mengeluarkan trailer terakhir untuk sequel Fanta Beast: "The Crimes of Grindelwald.". Salah satu kejutan yang terdapat di dalamnya adalah adanya adegan yang memperlihatkan seorang wanita yang berubah menjadi ular. Seperti yang kita tahu, Nagini adalah seekor ular yang merupakan Horcrux Voldermort yang terakhir.

Istilah Maledictus pun mencuat. Artinya seorang manusia yang dikutuk untuk berubah menjadi binatang buas. Peran ini dimainkan oleh aktris Korea Selatan, Claudia Kim. Keputusan JK Rowling sebagai penulis sekaligus produser untuk film ini dalam memilih Kim sebagai Nagini ternyata berdampak kontroversi yang cukup besar.

Banyak yang menyayangkan jika peran antagonis, khususnya ular wanita, harus disematkan pada seorang wanita Asia. Isu rasis menjadi kental mengingat film ini sendiri diproduksi di London yang mayoritas merupakan orang kulit putih.

Di sisi lain, Rowling membela casting yang dipilihnya saat membalas salah satu penggemar di Twitter yang kesal dengan Kim yang disewa untuk bermain sebagai Nagini. Fan itu menulis bahwa “Tiba-tiba membuat Nagini menjadi wanita Korea adalah sampah,” tetapi Rowling menjelaskan bahwa karakter Nagini dan representasinya sudah dibangun sejak awal.

"Naga adalah makhluk mitos mirip ular mitologi Indonesia, makanya bernama 'Nagini,'" kata Rowling. “Mereka kadang-kadang digambarkan sebagai bersayap, terkadang setengah manusia, setengah ular. Indonesia terdiri dari beberapa ratus kelompok etnis, termasuk Jawa, Cina dan Betawi. Semoga harimu indah."



Sebagai orang asli Indonesia, saya agak bingung sih. Memangnya di mitologi kita ada naga wanita yang bernama Nagini?

Dan kalau memang menggunakan mitologi Indonesia, bukankah lebih baik jika Cinta Laura yang memerankan Nagini?

Well, selidik punya selidik, Cinta Laura memang pernah mengikuti casting Fantastic Beast 2 untuk peran ini. Dia bahkan sudah mencapai babak final, namun kalah bersaing dengan Claudia Kim.

Salah satu alasan besar kenapa Cinta Laura tidak dipilih karena usianya yang masih teramat muda.



"Katanya, karena aku terlalu muda. I see why, karena waktu aku audisi aku umur 23, dan sekarang yang dapat peran Nagini itu umurnya 33, beda 10 tahun," ucap Cinta sambil tersenyum.

Kalau menurut kamu sendiri bagaimana? Kira-kira lebih cocok siapa yang memerankan Nagini?


No comments