Perbedaan Antara Inspirasi dan Motivasi - IMedia9 - Connecting Inspiration

Breaking

Thursday, September 20, 2018

Perbedaan Antara Inspirasi dan Motivasi


Artikel ini berasal dari tulisan Ron Prasad, seorang Life Coach, yang telah banyak memberikan inspirasi dan motivasi kepada banyak orang. Salah satu bahasannya yang menarik adalah mengenai perbedaan antara inspirasi dan motivasi itu sendiri. Artikel ini diterjemahkan dan disadur dengan tidak mengubah esensinya, beberapa paragraf dihilangkan dan ditulis ulang sesuai dengan kebutuhan. 

Ketika saya melakukan Pelatihan Kehidupan, setiap klien yang saya miliki, menginginkan satu hal (dalam beberapa bentuk atau lainnya) - motivasi! Saya percaya bahwa motivasi adalah sesuatu yang kita semua inginkan. Namun, beberapa orang tampaknya tidak dapat benar-benar mendapatkannya.

Motivasi bisa menjadi topik yang sangat umum dibicarakan. Dan, beberapa orang tidak mengerti bagaimana motivasi sebenarnya bekerja.

Hal yang menarik adalah bahwa sebagian orang keliru menganggap motivasi sebagai inspirasi. Mereka berpikir bahwa kedua kata itu memiliki arti yang sama, dan mereka sering menggunakan satu kata untuk kata lainnya.

Mari kita lihat motivasi dan inspirasi.

Salah satu mentor saya yang paling awal dalam pengembangan pribadi mengatakan kepada saya bahwa motivasi adalah kekuatan yang menarik. Misalnya, jika Anda ingin melakukan olahraga, dan Anda merasa bahwa Anda tidak punya waktu, atau terlalu dingin di luar, atau bahwa Anda akan kesakitan setelahnya, Anda harus memotivasi diri sendiri untuk pergi dan melakukan latihan. . Motivasi itu akan menarik Anda untuk melakukan latihan.

Dalam artikel tentang motivasi (yang saya tulis pada Februari 2010), saya menyebutkan bahwa kunci untuk termotivasi adalah memiliki "motif". Pikirkan sejenak, kata "motivasi" berasal dari kata "motif".

Jadi, jika Anda harus pergi dan berolahraga, Anda harus memotivasi diri sendiri dengan mengingatkan diri Anda sendiri tentang motif untuk melakukan latihan. Ini bisa berupa penurunan berat badan, kebugaran, mendapatkan udara segar, dll. Apakah Anda menggunakan kata "motif" atau Anda menggunakan kata "alasan", motivasi harus berasal dari sumber itu. Tanpa memiliki alasan atau motif, motivasi akan sulit didapat.

Inspirasi di sisi lain, lebih merupakan proses. Anda mungkin mendengar seorang pembicara yang menginspirasi Anda, Anda dapat membaca buku yang mengilhami Anda, Anda mungkin mendengar sebuah lagu yang mengilhami Anda, Anda dapat bertemu dengan seseorang yang menginspirasi Anda, atau Anda mungkin melihat sesuatu yang menginspirasi Anda. Apa pun yang mengilhami Anda, itu menyentuh Anda di dalam dan menghubungkan Anda ke keadaan menjadi lebih bersemangat, produktif, terarah atau apa pun yang datang sebagai hasil dari inspirasi.

Sebagai pembicara, salah satu tujuan saya adalah memberi orang wawasan untuk mendefinisikan tujuan hidup mereka. Begitu mereka menyadari tujuan hidup mereka, sesuatu di dalam diri mereka bangkit. Mereka terinspirasi untuk mewujudkan tujuan mereka dengan semangat!

Kata “inspirasi” berasal dari kata Latin “inspirare” yang berarti “inspirit” atau “bimbingan ilahi”.

Jadi, inspirasi adalah sesuatu yang Anda rasakan di dalam, sementara motivasi adalah sesuatu dari luar yang mendorong Anda untuk bertindak.

Inspirasi adalah kekuatan pendorong, sementara motivasi yang merupakan kekuatan menarik.

Beberapa orang percaya bahwa motivasi adalah untuk orang yang malas karena mereka tidak dapat diganggu untuk menyelesaikan sesuatu. Di sisi lain, mereka berpikir bahwa inspirasi adalah untuk orang-orang yang produktif karena mereka selalu menyelesaikan sesuatu.

Tidak, tentu saja bukan itu masalahnya. Kita semua bisa mendapat manfaat dari motivasi dan inspirasi.

Jadi, mari kita lihat beberapa contoh.

Motivasi - Saya harus mengumpulkan $ 500 untuk amal favorit saya. Mereka sangat membutuhkan pendanaan karena mereka perlu mendapatkan komputer baru. Untuk dapat membeli komputer baru, mereka perlu meningkatkan $ 500 pada akhir bulan ini.

'Motif' di sini adalah membuat ketentuan untuk komputer baru. Itulah kekuatan menarik yang membuat saya mengumpulkan uang untuk amal favorit saya.

Inspirasi - Saya merasa ingin membantu badan amal favorit saya untuk mengumpulkan dana. Ketika saya memberikan kontribusi terhadap orang lain, saya merasa bahwa saya sepenuhnya sejalan dengan nilai-nilai inti saya. Itu menciptakan esensi menjadi kongruen dengan siapa saya sesungguhnya.

Kekuatan pendorong di sini adalah memberikan kontribusi kepada orang lain karena itu terasa selaras dengan siapa saya sebenarnya di dalam.

Saya ingat dengan jelas, saya menerima panggilan telepon pada tahun 2012. Manajer sumber daya manusia dari sebuah organisasi meminta saya untuk datang dan memberikan pidato kepada stafnya sehingga stafnya akan termotivasi, karena dia merasa bahwa mereka membutuhkan inspirasi.

Tanggapan saya kepadanya adalah ini - “Saya dapat menunjukkan kepada staf Anda langkah-langkah untuk termotivasi (yaitu mencari motif). sisanya terserah kepada mereka. Apa yang bisa saya lakukan adalah berbicara tentang bagaimana membangkitkan inspirasi ”.

Alasan saya memberi Anda contoh di atas adalah ini - saya harus menjelaskan kepada wanita ini bahwa motivasi dan inspirasi adalah dua hal yang berbeda. Juga, motivasi bukanlah pil ajaib yang bisa diberikan seseorang kepada Anda. Apa yang harus Anda lakukan adalah membuat motif (atau mencari motif) sehingga Anda dapat memperoleh motivasi.

Sebagian orang berpikir bahwa motivasi itu buruk, dan inspirasi itu baik. Harap diingat bahwa baik motivasi maupun inspirasi bukanlah hal yang buruk. Mereka berdua dapat membantu mendorong Anda maju!

Apakah itu motivasi yang Anda cari, atau inspirasi yang Anda inginkan, rasa terima kasih selalu membantu. Setiap kali saya didorong oleh inspirasi, saya cenderung mencari hal-hal yang saya syukuri, yang akan membantu saya merasa terinspirasi.

Setiap kali saya memiliki motif yang sedang saya kerjakan, saya cenderung mencari hal-hal yang telah saya miliki demi kebaikan saya yang akan membantu saya bekerja dalam motif saya. Saya kemudian mengucapkan terima kasih atas hal-hal yang menguntungkan saya.

Jadi, rasa syukur dapat mendukung Anda dalam merasa terinspirasi dan termotivasi .

Quote: "Motivasi adalah ketika Anda mendapatkan sebuah ide dan membawanya sampai ke kesimpulannya, dan inspirasi adalah ketika sebuah ide menguasai Anda dan membawa Anda ke mana Anda dimaksudkan untuk pergi." Dr Wayne Dyer

Saya berharap bahwa saya telah memberi Anda wawasan sederhana tentang motivasi dan inspirasi.

Menginspirasi Anda menuju keunggulan Anda,

(Ditulis oleh Ron Prasad)


No comments:

Post a Comment