Apa Itu Otaku, Wibu dan Wibu Bau Bawang? - IMedia9 - Connecting Inspiration

Breaking

Tuesday, September 18, 2018

Apa Itu Otaku, Wibu dan Wibu Bau Bawang?


Istilah Otaku dan Wibu merupakan dua istilah asal Jepang yang saat ini banyak sekali digunakan oleh para netizen. Sebagian menggunakan dua istilah sesuai dengan artinya, sementara sebagian lagi sedikit terpeleset dan menggunakannya di area yang salah. Meski sering digunakan, identik dengan nuansa jejepangan, namun kata Otaku dan Wibu memiliki arti yang sangat berbeda.

Apa Itu Otaku? 

Otaku adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang menekuni suatu hobi yang ia sukai. Misalnya, jika kalian sangat menyukai sebuah serial anime dan menonton seluruh serinya, bahkan manganya jika ada, termasuk serial OVA dan juga mengkoleksi seluruh OST nya, bahkan kalian mendekorasi kamar kalian sesuai dengan anime yang kalian suka, maka pada saat itu kalian bisa disebut dengan OTAKU. Atau, orang yang sangat menekuni hobinya.



Otaku sendiri tidak melulu harus berhubungan dengan Anime/Manga. Jika kalian sangat menyukai game, maka kalian bisa disebut sebagai GETAKU. Jika kalian menyukai Cosplay, kalian bisa disebut COTAKU. Atau jika kalian menyukai idol jepang, maka kalian bisa disebut ITAKU. Ada banyak jenis OTAKU tergantung dari hobi yang kalian tekuni.

Apa itu Wibu?

Wibu adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang begitu menyukai budaya Jepang sampai-sampai menganggap budaya Jepang jauh lebih baik daripada budayanya sendiri. Selain itu, mereka yang tergolong WIBU cenderung lebih suka menggunakan atribut jejepangan yang berlebihan dalam kehidupan sehari-hari.



Seperti menyisipkan kata-kata berbau Jepang, menggunakan aksesoris bernuansa Jepang secara berlebihan, dan selalu mengedepankan budaya Jepang sebagai panutan utama di atas budaya-budaya yang lain.

Apa itu Wibu  Bau Bawang?

Wibu adalah istilah baru yang dipublikasikan pertama kali oleh Youtuber Toxic bernama Ericko Lim. Secara umum Wibu Bau Bawang sendiri merupakan sindiran untuk semua orang yang menyukai atribut jejepangan, memakain foto profil anime di medsos, serta mengikuti berbagai jenis event bernuansa Jepang.



Istilah Wibu Bau Bawang adalah merupakan istilah toxic yang memiliki konotasi negatif.

No comments:

Post a Comment