Breaking News

Tutorial IMedia9.SDK #6: Shooter (Enemy)



Tutorial ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya yang terkait dengan penggunaan package Damager. Jika anda belum membacanya di sarankan untuk membaca terlebih dahulu tutorial yang ini dan yang ini.



Setelah berhasil membuat Health untuk musuh, selanjutnya adalah membuat Health untuk player. Dengan cara yang sama, pasang prefab GlobalFloatVar, isikan nilai 100 dan beri nama PlayerHealth.



Selanjutnya pasang Canvas, dan pasang prefab DisplayHealthBar. Sama seperti sebelumnya, hubungkan Health Bar tersebut dengan GlobalFloatVar.



Tes terlebih dahulu apakah kedua GameObject itu sudah saling terhubung dengan mengubah-ngubah nilai pada paramter Current Value.



Pasangkan pula ReceiverCube3D dan atur sekaligus TriggerDamageReceiver3D dan TriggerDamageShutDown3D. Ngaturnya gimana? Mirip kayak sebelumnya. Bedanya cuma ini terbalik untuk player.



Lalu untuk karakter musuh si Red Kancil, pasangkan prefab AIShooter.



Dan aktifkan parameter Range Attack serta hubungkan Shooter 3D nya dengan AIShooter3D. Kita akan membuat musuh menembak player saat mencapai radius serangan setiap 1 detik.



Satu hal yang PALING membedakan dari mekanisme ini adalah TAG yang digunakan pada masing-masing GameObject.

Pada bagian Bullet musuh yaitu prefab AIBullet gunakan Tag Enemy.



Sementara pada bagian ReceiverCube di player, atur untuk hanya menerima damage dari Tag Enemy. Jadi intinya, hubungan antara package Damager vs AIMotion itu saling silang. Hati-hati saat mengaturnya jangan sampai kebalik-balik.

Kok susah banget ya? Ribet. Pusing. Aku capek tahu. Ada yang lebih gampang nggak?

....

#Plak! Plak! Plak! Bletak! Bledug! Duaaaar!

Meong

Situ cuma ngatur dan narik-narik doang bawel. Bikin sendiri scriptnya sono!

Ehm, Sabar-sabar...




Oke. Tes Play dan perhatikan apakah mekanisme tembakan AI nya berhasil dan Health Bar player berkurang.



Masalahnya adalah setelah Health bar berkurang, karakter melakukan animasi Death seperti seharusnya. Untuk itu tambahkan script Anima3DShutdown.




Atur parameternya dan lihat hasilnya sekarang. Mantap bukan?


Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di tutorial selanjutnya.


1 comment: