Tutorial IMedia9.SDK #4: Damager - IMedia9 - Connecting Inspiration

Breaking

Saturday, August 4, 2018

Tutorial IMedia9.SDK #4: Damager



Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas mengenai penggunaan Locomotion yang terbagi ke dalam penggunaan Mechanim, Anima dan AIMotion. Sangat disarankan bagi anda untuk membacanya terlebih dahulu sebelum masuk ke tutorial selanjutnya.

Dalam tutorial ini, package yang akan dibahas adalah Damager. Penggunaan package ini terinspirasi dari mekanisme Damager dan Damageable yang digunakan oleh tim Unity dalam Game Kit. Anda bisa mendownloadnya di sini.

Import package Damager. Package ini memiliki 4 folder utama yaitu Global, Shooter, Trigger2D dan Trigger3D.



Siapkan sebuah Plane kosong.



Pasangkan Prefab Global Float Var dan isikan nilai Current Value = 100. Ini apaan?



Masukkan DisplayHealthCube ke dalam Scene. GameObject ini adalah sebuah Cube yang memiliki Health Bar di atasnya. Health Barnya sendiri dibuat menggunakan Slider dengan Canvas yang diset adaptif terhadap World Coordinat.



Isi parameter DisplayHealthCube, khususnya parameter GlobalFloatVar.



Mau tahu apa fungsi GlobalFloatVar? Prefab GlobalFloatVar adalah GameObject penyimpan Angka. Sementara DisplayHealthCube adalah GameObject penampil Angka secara visual dalam bentuk Health Bar.

Jadi jika anda mengubah angka pada GlobalFloatVar, secara ostosmastis tampilan visual pun akan berubah.



Lalu apa perlunya kedua GameObject ini?

Kalau baru gini doang memang belum kelihatan fungsinya. Perlu ditambah lagi dengan 2 GameObject yang berhubungan dengan interaksi standar pada game yaitu Collision/Trigger.

Untuk tutorial ini ada 2 prefab yang sangat penting yaitu: ReceiverCube3D dan SenderCube3D.



ReceiverCube3D adalah GameObject yang berfungsi untuk MENERIMA Damage. Bentuknya adalah Cube hijau (untuk memudahkan secara visual). Pasangkan ReceiverCube3D sebagai child dari DisplayHealthCube.



Script utama GameObject ini adalah TriggerDamageReceiver3D. Dan ada beberapa parameter yang perlu di konfigurasi yaitu Rigidbody dan GlobalFloatVar.

Perhatikan jika sampai sini, GlobalFloatVar sudah TERIKAT dengan 2 GameObject. 



Selanjutnya kita pasang SenderCube3D yang berwarna merah. GameObject ini adalah representasi dari senjata yang akan MEMBERIKAN damage.

Script utama GameObject ini adalah TriggerDamageSender3D.

Atur Tagnya, misalnya: Attacker.

Dan atur pula nilai parameter yang lain yaitu tipe SubValue (Untuk mengurangi), DamageValue (Untuk nilai damage) dan nama Tag. Samakan saja.



Tes Play. Split window Scene dan Game dan tabrakan 2 buah Cube tersebut. Jika tidak ada kesalahan dalam konfigurasi, maka seharusnya setiap kali 2 Cube itu bertabrakan nilai Health akan berkurang setiap kali terjadi tabrakan sesuai dengan nilai Damage.



Mekanisme ini bisa dikembangkan dengan mekanisme Shooting sederhana menggunakan prefab Shooter3D.



Perhatikan prefab Bullet3D yang menjadi peluru utama GameObject ini.



Prefab Bullet3D selain terpasang script Bullet (yang membuat GameObject ini melesat ke depan) juga telah terpasang script TriggerDamageSender3D yang sama seperti Cube sebelumnya.



Tes Unity dan klik tombol spasi untuk menembak. Jika tidak ada kesalahan, maka anda akan melihat Health Bar berkurang secara otomatis setiap kali terjadi penembakan.





belajar unity
belajar unity untuk pemula
belajar unity pdf
belajar unity3d pemula
belajar unity dari dasar
belajar unity3d
belajar unity pemula
belajar unity 3d pdf
belajar unity c#
belajar unity android
belajar unity 3d
belajar aplikasi unity
belajar coding unity
belajar script c# unity
cara belajar unity3d
belajar script di unity
belajar membuat game dengan unity
belajar buat game dengan unity
belajar augmented reality dengan unity
belajar membuat game di unity
belajar dasar unity 3d
belajar unity engine
belajar membuat game unity
belajar buat game unity
belajar unity indonesia
belajar javascript unity
belajar membuat game menggunakan unity
belajar menggunakan unity
belajar bahasa pemrograman unity
belajar script unity
belajar software unity
belajar tutorial unity
tempat belajar unity
belajar c# untuk unity
web belajar unity
belajar unity 2d

No comments:

Post a Comment