Breaking News

Cara Membuat Video Animasi dan Presentasi Dengan Powtoon



Powtoon adalah sebuah service yang memungkinkan anda untuk membuat sebuah video animasi presentasi dengan mudah dan cepat. Anda nggak perlu jadi seorang animator handal untuk melakukananya. Anda hanya perlu menguasai konsep pembuatan materi atau konten yang akan dibuatkan animasinya, sedikit kreativitas dan koneksi internet saja.

Powtoon memang awesome banget. Ada begitu banyak sekali fitur animasi yang ditawarkan dan mampu membuat presentasi kita menjadi lebih mewah. Satu-satunya kendala adalah hasil rancangan kita di Powtoon tidak bisa diexport menjadi power point. Untuk versi gratisan, hehehe. Padahal kan ciamik banget tuh kalau kita bikin Powtoon tapi dieksekusi lewat power point. Yah, namanya juga ada harga ada barang.

Cara membuat video animasi dan presentasi dengan Powtoon aslinya simpel banget. Bukannya pengin promosiin Powtoon sih, tapi salah satu service yang super cepat dan super simpel untuk membuat video animasi dan presentasi, ya Powtoon. Kecuali anda ingin menghabiskan banyak waktu untuk bikin animasinya sendiri. It's your choice laah.

Anyway, dalam postingan ini saya mencoba lagi untuk membuat tutorial Powtoon menggunakan versi terbaru yang bentuknya aji gile, lebih keren dari tahun lalu. Cekidot!

Langkah pertama adalah silahkan anda login atau register dulu di Powtoon.com. Saya nggak akan jelasin soal proses sign upnya. Cincay lah itu mah. Setelah anda berhasil login, tampilan terbaru Porwtoon adalah seperti ini. Yup! Sekarang Powtoon mendukung export untuk HTML5. Yeeey!



Untuk tutorial perdana ini, kita pilih Blank Powtoon. Dan untuk pilihan template, kita akan gunakan Modern Edge.


Tampilan awal slide presentasi kita seperti ini. Di sebelah kiri adalah list slide kita, di tengah fokus slide yang akan diedit, dan di sebelah kanan fitur-fitur animasi Powtoon yang siap di drag drop dan bikin slide presentasi anda makin cihuy!


Langkah pertama, di panel sebelah kanan pilih Background dan pilih Location. Ada banyak pilihan gambar yang bisa anda gunakan.


Langkah kedua, pilih icon Character dan pilih karakter yang kita inginkan. Ada yang free ada yang pro. Pilih yang free aja.


Jika anda jeli, maka anda akan menyadari jika setiap karakter telah dilengkapi dengan berbagai animasi yang berbeda-beda. Anda hanya harus memilih animasi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tinggal klik dan nggak perlu mikir.



Langkah terakhir, klik kanan pada objek yang ada pada scene dan pilih Enter/Exit Effect.


Pilihan anda akan menentukan seperti apa jadinya hasil animasi anda. 



Untuk pengaturan staging animasi, anda hanya perlu memperhatikan timeline untuk mengatur objek mana yang melakukan animasi duluan. Gampang kok itu mah. Well, udah gitu doang tutorialnya. Singkat, padat dan tidak jelas. Mudah-mudahan tetap bermanfaat ya. Selamat membuat presentasi beranimasi.



3 comments:

  1. kok punyaku hrus buka di,hp sih, katanya no need to leave this page. confirm from mobile, pas buka di hp bisa buka sih, tapi aku g mau bkin di hp susah, gmna cranya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya nggak gitu sih. tapi setelah confirm, coba deh login lagi dari laptop/kompi kk

      Delete
  2. Kak,mau tanya nih. Kalau export nya harus ke YouTube misalnya, nah kalau aku ga punya account YouTube jadi gimana nih kak ? Mohon jawab yaaa

    ReplyDelete