Breaking News

Cara Membuat Poster Dengan Photoshop


Poster, sering kita dengar kata ini. Namun, sebenarnya apa makna dari poster? Dari beberapa pengertian yang ada, poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.
Cara Membuat Poster Dengan Photoshop Cara Membuat Poster Dengan Photoshop Cara Membuat Poster Dengan Photoshop Cara Membuat Poster Dengan Photoshop Cara Membuat Poster Dengan Photoshop Cara Membuat Poster Dengan Photoshop Cara Membuat Poster Dengan Photoshoperukuran besar. Poster, sering kita dengar kata ini. Namun, sebenarnya apa makna dari poster? Dari beberapa pengertian yang ada, poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.
Poster mempunyai sifat menarik perhatian mata, sehingga berbagai desain poster dibuat berwarna-warni lengkap dengan kontras warna yang kuat. Poster ini juga bisa di rangkai atau dibuat dari gambar-gambar yang sudah ada, tentunya dengan bantuan aplikasi-aplikasi pengolahan citra yang tersebar, salah satunya dengan Photoshop. Tak perlu berbasa-basi langsung saja saya akan menjelaskan tutorial merangkai poster sederhana dibawah dengan Photoshop:

Sebelum kita memulai tutorial photoshop, langkah pertama yang harus dilakukan adalah persiapkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam pembuatan poster yaitu gambar-gambar yang akan kita gunakan dalam pembuatan poster.



Buka photoshop. Buat dokumen baru File > new, dengan ukuran seperti dibawah ini.


Lalu masukkan gambar background kedalam lembar kerja. Karena kita disini menggunakan background yang polos, maka background tersebut harus kita seleksi dulu gambar-gambar mana yang tidak kita perlukan. Pertama kita pilih Rectangular Marquee Tool kemudian seleksi gambar yang akan dihapus, kemudian klik kanan pilih fi ll. Seprti gmbar dibawah ini.


Seleksi semua gambar yang ada diatas background.

Kemudian klik move tool >  klik tahan dan geser ke dalam lembar kerja. Karena ukuran gambar agak kecil, maka perlu besarkan sesuai lembar kerja kita. Klik move tool, klik sudut gambar (bisa dari sudut mana saja), tekan tombol shift (jangan dilepas sampai proses pembesaran ukuran gambar selesai). #Tujuan menekan tombol shift adalah agar gambar proporsional (sesuai keadaan sebelumnya).

Kemudian buat persegi panjang disisi kanan dengan menggunakan pen tool.
 Kemudian masukkan foto lalu tulis nama dan nim. Setelah itu buat tulisan atau nama aplikasi beserta logonya.

Kemudian desain poster sesuai keinginan, dengan mengikuti langkah-langkah yang diatas.


Kemudian kita desain sebagus mungkin poster yang akan kita buat. Untuk menambah daya tarik poster kita, disini akan kita buat efek text. Pertama kita buat text efek pada lembar kerja baru. Didalam membuat text efek disini kita menggunakan tool brush. Hasilnya.


Setelah kita simpan text efek yang telah dibuat, lalu klik file > open (ctrl + o), pilih gambar text efek yang telah dibuat kemudian drag kelembar kerja poster aplikasi tadi, posisikan text efek ditengah dan miringkan sedikit, kemudian pilih fill (kemudian atur), disini kita buat fillnya 50%. Hasilnya.


Nah kemudian kita sempurnakan poster kita denga menambah komponen-komponen yang mendukung yang sesuai isi poster kita. Hasil keseluruhan.


Hasil poster yang telah dibuat.


Catatan: artikel ini pertama kali dipublikasikan di http://pendidikanteknologiinformasibywulan13.blogspot.com


Cara Membuat Poster Dengan Photoshop Cara Membuat Poster Dengan Photoshop Cara Membuat Poster Dengan Photoshop Cara Membuat Poster Dengan Photoshop Cara Membuat Poster Dengan Photoshop Cara Membuat Poster Dengan Photoshop Cara Membuat Poster Dengan Photoshop

No comments