Breaking News

Cara Membuat Motion Graphic Menggunakan Wondershare Filmora


Membuat Motion Graphic ?! Susah ?! mungkin itu akan terjadi jika kawan masih awam dengan AE (aftereffect) dan Premiere dalam pembuatan Motion Graphic. Motion Graphic sendiri saat ini sering digunakan sebagai alat / media promosi dari sebuah jasa maupun product. Motion Graphic juga memudahkan dalam mendeskripsikan sebuah benda maupun kejadian yang berlangsung. maka dari itu banyak sekali orang awam yang belajar membuat motion graphic untuk di jadikan bahan Presentasi.
tahap Belajar Dimulai dari tingkat mudah menuju sulit. nah sebelum menuju AE/premiere, alangkah Baiknya Kawan mencoba Software Satu ini untuk membuat karya motion graphic. dia Bernama Wondershare Filmora !

Wondeshare Filmora (video editing) ini dilengkapi dengan 2 video editing mode yang berbeda, yaitu Easy Mode dan Full Feature Mode.

Easy Mode : pada fitur ini memungkinkan kita dengan mudah membuat video sendiri dengan memberikan berbagai template. Cukup kita mengimpor media sendiri dan selesai. Pada easy mode kita juga tinggal memiih tema atau template, teks intro, video serta gambar yang ingin kita masukkan, background music serta teks penutup. Easy mode ini lebih untuk kebutuhan pembuatan video kompilasi gambar atau kompilasi potongan klip dengan template bawaan filmora.

Full Feature Mode : pada fitur ini dilengkapi dengan semua timeline sepenuhnya disesuaikan mengedit fitur untuk mengatur adegan, mengedit klip dan lain-lain. Disini kita akan dibawa ke tampilan video editing yang lebih manual dan lebih membuat kita bisa bebas berkreasi.

Pada gambar yang telah dilingkari itu menunjukkan aspek rasio. Aspek rasio pada video editing merujuk pada lebar gambar atau layar dalam kaitan dengan tingginya. Rasio dinyatakan dalam bentuk “panjang x lebar”. Rasio yang sering digunakan dalam editing video yaitu, 4:3 dan 16:9.

1.      EASY MODE
Tampilan ketika kita memilih fitur Easy Mode.

Add Media File: kita gunakan untuk memasukkan atau menambahkan file kita untuk kita editingkan.


Select Theme : disini kita akan memilih tema atau template dari video yang akan kita buat.


Select Music : difitur kita akan memilih music yang akan kita padukan dalam video kita, ataupun kita bisa langsung memilih music defaultnya.


Untuk melihat hasil video kita. Serta Save and Share ini untuk kita menyimpan hasil video kita serta dapat kita share ke media sosial.

2. FULL FEATURE MODE

Media : fitur media akan menampilkan sejumlah file yang telah kita import ke dalam wondershare filmora baik dalam bentuk gambar, music maupun video. Disini juga disediakan sejumlah background color yang bisa kita gunakan, untuk mengganti background dalam pembuatan editing video.


Music : filmora ini juga memfasilitasi dengan beberapa music yang bisa kita gunakan dalam pembuatan intro video nantinya.


Text : bermacam-macam jenis dan style text juga disediakan disini, tinggal kita pilih sesuai kebutuhan kita nantinya.

 Filter : yang menarik dari filmora ini adalah kita disuguhi dengan berbagai koleksi filter video ala instagram dan sejenisnya yang akan mempercantik tampilan warna video kita. Filter ini dapat memberikan perubahan dalam warna sebuah video nantinya.


Overlays : overlays ini dapat memberikan beberapa efek pada video baik berupa hujan, salju dan lain-lain.


Elements : filmora juga melengkapi beberapa elemen-elemen animasi baik dalam bentuk gambar maupun text yang bisa kita gunakan.


Transitions : transitions bertugas untuk memberikan sebuah efek dalam pergantian  video 1 ke video 2, begitu ke video berikutnya, dalam waktu penggabungan video.


Split screen : akan menampilkan sejumlah gerak acakan sesuai pilihan kita waktu saat mengedit video. Export : setelah proses editing selesai, kita dapat mengconvert video tersebut ke      berbagai format berupa MKV, AVI, MP4 dan lain-lain. Tampilan layer nantinya juga akan berfungsi dalam penggabungan sejumlah project yang akan digabungkan. Digambar diatas pada bagian bawah terliha jelas posisi peletakan project itu nantinya. Misalnya kita ingin memasukkan sebuah gambar, maka kita harus meletakkannya di posisi yang berlogo gambar, begitu pula seterusnya.

Catatan: artikel ini pertama kali di posting di: http://pendidikanteknologiinformasibywulan13.blogspot.com

Cara Membuat Motion Graphic Menggunakan Wondershare Filmora Cara Membuat Motion Graphic Menggunakan Wondershare Filmora Cara Membuat Motion Graphic Menggunakan Wondershare Filmora Cara Membuat Motion Graphic Menggunakan Wondershare Filmora Cara Membuat Motion Graphic Menggunakan Wondershare Filmora Cara Membuat Motion Graphic Menggunakan Wondershare Filmora Cara Membuat Motion Graphic Menggunakan Wondershare Filmora

No comments